RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMPN I Sodonghilir
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Menjadi Pembaca Efektif
(Literasi)
Alokasi Waktu :
4 x 3 Pertemuan (12 JP)
A. Kompetensi Inti
KI.1.
Menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI.4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.9 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan
nonfiksi yang dibaca
4.9 Membuat peta pikiran/ rangkuman alur
tentang isi buku nonfiksi/ buku fiksi yang dibaca
|
3.9.1 Menentukan
unsur-unsur buku fiksi
3.9.2 Menentukan
unsur-unsur buku nonfiksi
3.9.3 Menentukan persamaan dan perbedaan
buku fiksi dengan nonfiksi
4.9 .1 Membuat rangkuman dalam bentuk
pemetaan
4.9.2 Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian
gagasan pokok isi buku
|
3.10
Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
4.10
Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca
|
3.10.1
Menelaah unsur buku fiksi yang bisa dikomentari
3.10.1 Menelaah unsur buku nonfiksi yang bisa dikomentari
4.10.1 Membuat komentar
tentang buku fiksi yang dibaca
4.10.2 Membuat komentar tentang buku nonfiksi
yang dibaca
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Setelah mengamati buku fiksi dan nonfiksi, peserta didik dapat :
1.
Menentukan unsur-unsur
buku fiksi
2.
Menentukan unsur-unsur
buku nonfiksi
3.
Menentukan
persamaan dan perbedaan buku fiksi dengan nonfiksi
Fokus Penguatan Pendidikan Karakter: jujur,
teliti
Pertemuan
Kedua
Setelah mengamati buku fiksi dan nonfiksi, peserta didik
dapat :
1.
Membuat rangkuman dalam
bentuk pemetaan
2. Membuat rangkuman
dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku
Fokus Penguatan Pendidikan Karakter:
tanggung jawab, percaya diri
Pertemuan
Ketiga
Setelah mengamati buku fiksi dan nonfiksi, peserta didik
dapat :
1.
Menelaah
unsur buku fiksi yang bisa dikomentari
2.
Menelaah
unsur buku nonfiksi yang bisa dikomentari
3.
Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Fokus Penguatan
Pendidikan Karakter: gotong royong,
kedisiplinan
Pertemuan
Keempat
Setelah mengamati buku fiksi dan nonfiksi, peserta didik
dapat :
1. Membuat komentar tentang buku fiksi yang dibaca
2.
Membuat
komentar tentang buku nonfiksi yang dibaca
D. Materi Pembelajaran
Pertemuan
pertama
1.
Materi pembelajaran
reguler
a)
Unsur- unsur buku fiksi
b)
Unsur- unsur buku nonfiksi
Faktual
Buku nonfiksi berisi
gagasan/ ide/ perasaan penulis yang bersifat fiktif imajinatif. Buku
fiksi perlu kita baca untuk menambah wawasan, memupuk minat baca, dan
memupuk kreativitas kalian. Sementara
buku nonfiksi memaparkan ilmu pengetahuan
baik secara teknis maupun secara populer.
Contoh Buku Fiksi
Konseptual
Unsur
Buku Nonfiksi yang dapat dikomentari
1)
Bagian cover buku
2)
Rincian subbab buku
3)
Judul subbab
4) Isi
buku
5)
Cara menyajikan isi buku
6)
Bahasa yang digunakan
7)
Sistematika
Unsur Buku Fiksi
1) Bagian cover buku
2) Rincian subbab buku
3)
Judul subbab
2.
Materi pembelajaran pengayaan
Menentukan unsur-unsur buku nonfiksi yang lain
Materi reguler yang sudah tercapai oleh peserta didik.
3.
Materi pembelajaran remedial
Materi reguler yang tidak tercapai oleh peserta didik
Pertemuan
kedua
1.
Materi pembelajaran
reguler
a.
gagasan pokok isi
buku
b.
peta pikiran isi buku
c.
rangkuman isi buku
fiksi dan nonfiksi
Faktual
Konseptual
1.
Panduan praktis merangkum buku
berdasarkan gagasan pokok
2.
Bacalah informasi umum buku,
seperti judul, pengarang, penerbit. Jika berupa artikel, catat nama pengarang,
nama media, tanggal terbit.
3.
Ketahui secara umum isi buku
melalui daftar isi dan kata pengantar.
4.
Buku yang baik memiliki susunan
berpikir yang terurai dengan baik dalam bab dan subbab. Setiap subbab
dijabarkan ke dalam paragraf. Setiap paragraf memiliki satu pemikiran utama.
5.
Berdasarkan butir (no. 3) maka kita
dapat merangkum bacaan dari pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam setiap
paragraf. Lihat kembali pelajaran di kelas 7 tentang gagasan utama dan Gagasan rincian.
6.
Merangkum bacaan dapat dilakukan
dengan menyusun pokok pikiran atau gagasan utama setiap paragraf.
Langkah-langkah merangkum dengan pemetaan pikiran
diuraikan berikut.
a.
Tulis judul di tengah-tengah kertas
dan beri gambar yang sesuai untuk memudahkan mengingat judul tersebut.
b.
Buat cabang utama terkait topik
tadi misalkan apa definisi mind map, bagaimana otak bekerja, apa itu
kesuksesan, latihan apa yang bisa dilakukan dan bagaimana aplikasinya.
c.
Teruskan dengan membuat
cabang-cabang utama lainnya dan gunakan warna berbeda.
d.
Ingat beri label setiap cabang
hanya dengan kata kunci saja. Semakin sedikit semakin baik. Kalian mencatat
bukan untuk menghafal melainkan untuk memahami dengan bahasa sendiri.
e.
Selanjutnya dari tiap cabang
buatsub cabang untuk hal-hal yang saling berhubungan.
f.
Gunakan garis-garis lengkung dan
alur yang nyaman buat. Tidak ada aturan khusus dalam membuat peta pikiran.
g.
Jika ada hal-hal yang berhubungan
pada sub yang berbeda, Kalian bisa menarik garis sebagai pengingat adanya
kaitan antara kedua hal tersebut.
2.
Materi pembelajaran pengayaan
Materi reguler yang sudah tercapai oleh peserta didik.
3.
Materi pembelajaran remedial
Materi reguler yang tidak tercapai oleh peserta didik
Pertemuan
ketiga
1.
Materi pembelajaran
reguler
a.
Cara menanggapi
penggunaaan bahasa dalam buku
b.
Cara mendata
bagian isi yang akan ditanggapi mengenai
sistematika buku
Faktual
Bahasa
Kalimat yang
digunakan sederhana dan menggunakan gaya populer
Buku
ini juga mudah dipahami bagi orang yang bukan dari bidang ....Istilah khusus
yang digunakan dijelaskan dengan
ungkapan bahasa seharihari Penulis
menggunakan kalimat kompleks yang tidak udah dipahami Pembaca awam
akan kesulitan memahami isi buku karena banyak digunakan
istilah teknis tanpa disertai penjelasan.
|
Isi
Buku ini
menginformasikan banyak hal tentang ... yang bermanfaat bagi ...Isinya cukup
padat dan lengkap. Penjelasan buku tentang .... sangat memadai. Bagi yang
menyukai bidang ...., buku ini layak dikoleksi. Contoh yang
dikemukakan dalam buku memperjelas pemahaman kita akan ...Tema
yang diangkat sangat menarik namum tidak disertai dengan penjelasan
yang cukup. Informasi
tentang ... seharusnya diuraikan lebih rinci. Secara
keseluruhan buku ini hanya menginformasikan hal yang telah diketahui
umum
|
Konseptual
Mengomentari
isi buku sebenarnya adalah bagian dari kegiatan membuat resensi buku yang akan
dipelajari di kelas yang lebih tinggi. Hal yang dinilai adalah segi kelebihan
dan kekurangan buku
Prosedural
Buku nonfiksi
Langkah
untuk dapat menilai buku nonfiksi adalah dengan membaca buku
yang
akan dinilai. Saat membaca, jawablah pertanyaan berikut:
a.
Apa judul dan tema buku?
b.
Apa bidang ilmu yang dibahas dalam
buku?
c.
Apa garis besar isi buku? Apa isi
tiap bab?
d.
Apakah buku ditunjang oleh
gambar/foto, ilustrasi, tabel. grafik? Apakah cukup membantu memperjelas?
e.
Bagaimana penulis merinci menjadi
subbab buku? Apakah sistematika mudah diikuti?
f.
Apakah bahasanya mudah dipahami?
g.
Bagaimana penulis membuka dan
mengakhiri tulisannya?
Buku
fiksi
Langkah
untuk dapat menilai buku fiksi adalah dengan membaca buku yang
akan
dinilai. Saat membaca, jawablah pertanyaan berikut:
a.
Bagaimana judul dan tema
dikembangkan? Apakah ada keunikan?
b.
Bagaimana pengarang mengembangkan
latar cerita?
c.
Bagaimana pengarang mengembangkan
tokoh dan watak tokoh?
d.
Bagaimana pilihan kata yang
digunakan pengarang?
e.
Apakah kalimat-kalimatnya memiliki
keunikan dan kekuatan untuk membangun cerita?
f.
Tokoh mana yang paling kamu sukai
dan mengapa?
2.
Materi pembelajaran
pengayaan
Mengomentari buku fiksi dan nonfiksi yang lain
Materi reguler yang sudah tercapai oleh peserta didik.
3.
Materi pembelajaran
remedial
Materi reguler yang tidak tercapai oleh peserta didik
Pertemuan
keempat
1.
Materi pembelajaran reguler
a.
Langkah-langkah
membuat komentar terhadap isi, sistematika,
kebermaknaan buku fiksi yang dibaca
b.
Cara memberi komentar terhadap buku nonfiksi yang dibaca
Faktual
Contoh komentar buku
nonfiksi
Dari judulnya
saja buku ini sudah mengundang selera untuk membaca. Pemberian judul “ Karena Buku Senikmat
Susu” benar-benar unik. Penulis
ingin menunjukkan bahwa kegiatan membaca bisa setara dengan
kenikmatan minum susu. Buku ini ditulis dengan sistematika yang runtut
sehingga sangat mudah dipahami. Contoh-contoh melakukan penumbuhan
minat baca dituliskan secara rinci sehingga pembaca biasa dengan mudah
melakukan dalam kehidupan
sehari-hari. Bahasa yang digunakan
sangat segar sehingga dari awal sampai akhir tidak bosan untuk membacanya
|
Contoh komentar buku
fiksi
Buku ini
menunjukkan fantasi yang berwarna lokal Indonesia. Penulis Indonesia membuat cerita fantasi berbau lokal dengan rinciannya
yang unik. Membaca Anak
Rembulan, siapa pun akan mendebat pendapat itu dan meyakini:
waktunya anak negeri unjuk gigi. Sangat lokal,
fantastik, dan tak
terlupakan.
|
Konseptual
BUKU KUMPULAN
DONGENG BULAN KUNING
Kumpulan
Dongeng Bobo Ke-23
PT Penerbit
Sarana Bobo
48 Halaman
|
Data buku
|
Bulan Kuning
adalah buku Kumpulan Dongeng Bobo
ke-23. Di dalamnya ada sekitar 20-an
dongeng. Salah satu dongengnya yang
menarik
adalah “Sang Prabu dan si Petani”.
|
Info singkat ttg
terbitan/edisi
|
“Sang Prabu
dan si Petani” menceritakan tentang
seorang raja yang tersesat di hutan. Terpisah dari
seluruh punggawa yang
mengawalnya. Raja berjalan sendiri dan sampailah di persawahan. Disitu raja
bertemu dengan seorang petani sederhana di gubuknya. Si Petani tidak
mengenalnya sebagai rajanya
|
Ringkasan cerita
|
Kisah ini
tentu saja menjadi menarik. Pada awalnya Raja
tidak berterus
terang bahwa dia adalah raja.
Dalam percakapan mereka, kita mengetahui
betapa si petani yang sederhana itu bersikap
selalu ramah dan baik hati kepada setiap
tamu yang baru dikenalnya. Dia bukan
sengaja bersikap ramah dan baik karena dia
tahu sedang berhadapan dengan rajanya....
|
Tanggapan penulis
tentang cerita
|
Meski dongeng ini pernah dimuat di majalah Bobo, tetapi
masih menarik
ketika dibaca. Apalagi kini
dongeng-dongengnya diilustrasi
dengan gambar-gambar indah penuh warna sehingga
suasana dongengnya
amat terasa
|
Penilaian terhadap
buku
|
(Iss/Tim Anak,)
Sumber: Kompas, 26 Oktober 2003
|
Data penulis
|
Prosedural
1. Sistematika struktur
komentar terhadap buku:
1)
Data buku
2)
Info singkat
tentang terbitan edisi
3)
Ringkasan cerita
4)
Taanggapan penulis
tentang cerita
5)
Penilaian terhadap
buku
6)
Data penulis
2.
Materi pembelajaran
pengayaan
Menyusun komentar untuk buku yang lain
Materi
reguler yang sudah tercapai oleh peserta didik.
3.
Materi pembelajaran
remedial
Materi
reguler yang tidak tercapai oleh peserta didik
E.
Metode Pembelajaran
Metode :
Diskusi, Inquiri, Discoveri,Penugasan
F.
Media dan Bahan
Pembelajaran
Media :
laptop, proyektor, slide, buku fiksi dan
non fiksi
G.
Sumber Belajar
1.
Kemendikbud R.I.
2016. Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII .
2.
Permendikbud No. 50
Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa
Indonesia . 30 November 2015.
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (3 JP)
1.
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
a)
Peserta didik
menjawab salam dan dilanjutkan dengan berdoa untuk mengawali pembelajaran
b)
Guru memotivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
dengan baik
c)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
d)
Guru menyampaikan
lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan menggunakan tes tertulis.
e)
Guru membentuk
kelompok yang berangangotakan 4-5 orang secara heterogen
2.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a.
Peserta didik mengamati tayangan/membaca buku fiksi dan nonfiksi
b.
Peserta didik membuat pertanyaan hal-hal belum dimengerti
mengenai unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
c.
Peserta didik berdiskusi
mencari jawaban dengan mengumpulkan data tentang unsur-unsur fiksi dan nonfiksi
dari buku teks siswa
d.
Peserta didik berdiskusi menyelesaikan Lembar Kerja
berdasarkan data yang telah terkumpul
e.
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
di depan kelas dan kelompok lain menanggapi dengan percaya diri dan santun
f.
Peserta didik melaksanakan tes tertulis tentang
unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
3.
Kegiatan Penutup (10
menit)
a.
Peserta didik
mereviu pembelajaran
b.
Guru memberikan umpan
balik/refleksi hasil pembelajaran.
c.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
d.
Guru menutup
pembelajaran dengan doa dan salam.
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
a.
Peserta didik menjawab
salam dan dilanjutkan dengan berdoa untuk mengawali pembelajaran
b.
Guru memotivasi peserta
didik untuk mengikuti pembelajaran dengan baik
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
d.
Guru menyampaikan
lingkup penilaian, yaitu penilaian keterampilan
menggunakan tes praktik.
e.
Guru membentuk kelompok
yang berangangotakan 4-5 orang secara heterogen
2.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a.
Peserta didik mengamati
tayangan contoh peta pikiran/rangkuman buku
fiksi dan nonfiksi
b.
Peserta didik membuat daftar pertanyaan mengenai cara membuat peta
konsep/rangkuman dari buku fiksi dan nonfiksi yang diamati
c.
Peserta didik mencari jawaban dengan mengumpulkan data tentang peta pikir/rangkuman isi buku fiksi dan nonfiksi
d.
Peserta didik
berdiskusi menyelesaikan Lembar Kerja berdasarkan data yang telah terkumpul
e.
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dan kelompok lain
menanggapi dengan percaya diri dan santun
f.
Peserta didik diberi
tugas membuat peta pikiran/rangkuman/sinopsis isi buku fiksi atau nonfiksi yang
lain
3.
Kegiatan Penutup (10
menit)
a.
Peserta didik
mereviu pembelajaran
b.
Guru memberikan umpan
balik/refleksi hasil pembelajaran.
c.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
d.
Guru menutup
pembelajaran dengan doa dan salam.
Pertemuan
ketiga
1.
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
a.
Peserta didik menjawab
salam dan dilanjutkan dengan berdoa untuk mengawali pembelajaran
b.
Guru memotivasi peserta
didik untuk mengikuti pembelajaran dengan baik
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
d.
Guru menyampaikan
lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan menggunakan tes tertulis.
e.
Guru membentuk kelompok
yang berangangotakan 4-5 orang secara heterogen
2.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a.
Peserta didik mengamati tayangan hubungan
unsur-unsur
buku fiksi dan nonfiksi
b.
Peserta didik membuat daftar pertanyaan hal-hal belum
dimengerti mengenai hubungan unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi yang diamati
c.
Peserta didik dalam
kelompoknya mencari tahu atas jawaban dengan mengumpulkan data tentang hubungan
unsur-unsur fiksi dan nonfiksi
d.
Peserta didik dengan bimbingan guru berdiskusi menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan untuk menyelesaikan Lembar Kerja
berdasarkan data yang telah terkumpul
e.
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
di depan kelas dan kelompok lain menanggapi dengan percaya diri dan santun
f.
Peserta didik melaksanakan tes tertulis tentang hubungan unsur-unsur
buku fiksi dan nonfiksi
3.
Kegiatan Penutup (10
menit)
a.
Peserta didik
mereviu pembelajaran
b.
Guru memberikan umpan
balik/refleksi hasil pembelajaran.
c.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
d.
Guru menutup
pembelajaran dengan doa dan salam.
Pertemuan Keempat
1.
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
a.
Peserta didik menjawab
salam dan dilanjutkan dengan berdoa untuk mengawali pembelajaran
b.
Guru memotivasi peserta
didik untuk mengikuti pembelajaran dengan baik
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
d.
Guru menyampaikan
lingkup penilaian, yaitu penilaian keterampilan
menggunakan tes produk.
e.
Guru membentuk kelompok
yang berangangotakan 4-5 orang secara heterogen
2.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a.
Peserta didik mengamati tayangan contoh tanggapan terhadap
buku fiksi dan nonfiksi.
b.
Peserta didik menanyakan hal-hal belum dimengerti yang diamati dengan membuat daftar pertanyaan
c.
Peserta didik dalam
kelompoknya mencari tahu atas jawaban dengan mengumpulkan data tentang
unsur-unsur fiksi dan nonfiksi
d.
Peserta didik dengan bimbingan guru berdiskusi menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan untuk menyelesaikan Lembar Kerja
berdasarkan data yang telah terkumpul
e.
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
di depan kelas dan kelompok lain menanggapi dengan percaya diri dan santun
f.
Peserta didik
diberi tugas menyusun tanggapan dalam bentuk komentar
terhadap isi, sistematika, kebermaknaan buku, penggunaan bahasa, dan tanda
baca/ejaan
g.
Peserta didik memublikasikan
komentar terhadap buku yang dibaca buku
h.
Peserta didik melaksanakan tes berupa produk tentang
tanggapan isi buku fiksi dan nonfiksi
3.
Kegiatan Penutup (10
menit)
a.
Peserta didik
mereviu pembelajaran
b.
Guru memberikan umpan
balik/refleksi hasil pembelajaran.
c.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
d.
Guru menutup
pembelajaran dengan doa dan salam.
I.
Penilaian Hasil
Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.
Penilaian Sikap
Sikap (spiritual dan sosial)
Teknik Penilaian Observasi/Jurnal
a.
Sikap
Instrumen Penilaian
Nama Sekolah : SMPN
I Bojonggambir
Kelas/Semester : VII/ Semester 2
Tahun pelajaran : 2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Pengetahuan
Teknik Penilaian Tes tertulis
Kisi-Kisi
Pertemuan
ke-
|
Level
Kognitif
|
Lingkup
materi
|
indikator
|
Indikator
soal
|
Nomor soal
|
|
tertulis
|
praktik
|
|||||
1.
|
Pengetahuan
|
Teks literasi
|
3.9.1 Menentukan unsur-unsur buku fiksi
3.9.2 Menentukan unsur-unsur buku nonfiksi
3.9.3 Menentukan persamaan dan perbedaan buku fiksi dengan nonfiksi
|
Menuliskan 4
dari 7 unsur-unsur buku nonfiksi
Menuliskan 4
dari 7 unsur-unsur buku fiksi
Menuliskan 2 persamaan unsur buku fiksi dan buku
nonfiksi
Tuliskan 2 perbedaan unsur buku fiksi
|
1
2
3
4
|
|
Soal :
1.
Tuliskan 4 dari 7
unsur-unsur buku nonfiksi
2.
Tuliskan 4 dari 7
unsur-unsur buku nonfiksi
3.
Tuliskan persamaan unsur buku fiksi dan nonfiksi
4.
Tuliskan perbedaan unsur buku fiksi dan nonfiksi
Pedoman Penskoran
Aspek
|
Tingkatan
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Unsur-unsur
buku fiksi
|
Peserta didik menuliskan 4 unsur-unsur dari 7 buku
fiksi (cover buku, rincian subbab, judul buku, tokoh dan penokohan, tema cerita, bahasa
yang digunakan, penyajian alur cerita)
|
Peserta didik menuliskan 3 dari 7unsur-unsur buku
fiksi (cover buku, rincian subbab, judul buku, tokoh dan penokohan, tema cerita, bahasa
yang digunakan, penyajian alur cerita)
|
Peserta didik menuliskan 2 dari 7 unsur-unsur buku
fiksi (cover buku, rincian subbab, judul buku, tokoh dan penokohan, tema cerita, bahasa
yang digunakan, penyajian alur cerita)
|
Peserta didik menuliskan 1 dari 7 unsur-unsur buku
fiksi (cover buku, rincian subbab, judul buku, tokoh dan penokohan, tema cerita, bahasa
yang digunakan, penyajian alur cerita)
|
|
Unsur-unsur
buku (cover buku, rincian subbab, judul subbab isi buku, cara menyajikan isi buku, bahasa yang
digunakan, sistematik nonfiksifiksi
|
Peserta didik menuliskan 4 unsur-unsur dari 7 buku nonfiksi
a)
|
Peserta didik menuliskan 3 unsur-unsur dari 7 buku nonfiksi
(cover buku, rincian subbab, judul subbab isi buku, cara menyajikan isi buku, bahasa yang
digunakan, sistematika)
|
Peserta didik menuliskan 2 unsur-unsur dari 7 buku nonfiksi
(cover buku, rincian subbab, judul subbab isi buku, cara menyajikan isi buku, bahasa yang
digunakan, sistematika)
|
Peserta didik menuliskan 1 unsur-unsur dari 7 buku nonfiksi
(cover buku, rincian subbab, judul subbab isi buku, cara menyajikan isi buku, bahasa yang
digunakan, sistematika)
|
|
Persamaan
buku fiksi dan nonfiksi
|
Menuliskan 4 persamaan unsur buku fiksi dan nonfiksi
(bagian cover buku, bahasa yang digunakan, rincian subbab, judul)
|
Menuliskan 3 persamaan unsur buku fiksi dan nonfiksi
(bagian cover buku, bahasa yang digunakan, rincian subbab, judul)
|
Menuliskan 2 persamaan unsur buku fiksi dan nonfiksi
(bagian cover buku, bahasa yang digunakan, rincian subbab, judul)
|
Menuliskan 1 persamaan unsur buku fiksi dan nonfiksi
(bagian cover buku, bahasa yang digunakan, rincian subbab, judul)
|
|
Perbedaan
buku fiksi dan nonfiksi
|
Menuliskan 4 perbedaan dengan benar unsur buku fiksi
dan nonfiksi (isi buku, cara bahasa yang digunakan, sistematika, tokoh dan
penokohan, tema, penyajian alur)
|
Menuliskan 3 perbedaan dengan benar unsur buku fiksi
dan nonfiksi (isi buku, cara bahasa yang digunakan, sistematika, tokoh dan
penokohan, tema, penyajian alur)
|
Menuliskan 2 perbedaan dengan benar unsur buku fiksi
dan nonfiksi (isi buku, cara bahasa yang digunakan, sistematika, tokoh dan
penokohan, tema, penyajian alur)
|
Menuliskan 1 perbedaan dengan benar unsur buku fiksi
dan nonfiksi (isi buku, cara bahasa yang digunakan, sistematika, tokoh dan
penokohan, tema, penyajian alur)
|
|
Kunci Jawaban
1.
Tujuh unsur buku
fiksi : cover buku, rincian subbab, judul buku,
tokoh dan penokohan, tema cerita, bahasa yang digunakan, penyajian alur
cerita
2.
Tujuh unsur buku nonfiksi : cover buku, rincian subbab, judul subbab
isi buku, cara menyajikan isi buku,
bahasa yang digunakan, sistematik
3.
Persamaan unsur
buku fiksi dan nonfiksi : bagian cover buku, bahasa yang digunakan, rincian
subbab, judul)
4.
Perbedaan unsur
buku fiksi dan nonfiksi : isi buku, cara bahasa yang digunakan, sistematika,
tokoh dan penokohan, tema, penyajian alur
Pertemuan ke-2
2.
Penilaian Sikap
Sikap (spiritual dan sosial)
Teknik Penilaian Observasi/Jurnal
a.
Sikap
Instrumen Penilaian
Nama Sekolah : SMPN
I Bojonggambir
Kelas/Semester : VII/ Semester 2
Tahun pelajaran : 2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pertemuan
ke-
|
Level
Kognitif
|
Lingkup
materi
|
indikator
|
Indikator
soal
|
Nomor soal
|
|
tertulis
|
praktik
|
|||||
2.
|
Keterampilan
|
Teks literasi
|
4.9 .1 Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan
4.9.2 Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian
gagasan pokok isi buku
|
Membuat peta pikir
isi buku fiksi dan nonfiksi
Menyusun rangkuman berdasarkan rangkaian gagasan pokok
unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
|
|
1
2
|
Soal Keterampilan
1.
Buatlah rangkuman dalam bentuk
peta pikir
2.
Buatlah rangkuman berdasarkan gagasan pokok
isi buku
No
|
Aspek atau kriteria
|
Skor
|
1
|
a.
Membuat
rangkuman dalam bentuk peta pikir
sesuai dengan isi buku
b.
Membuat
rangkuman dalam bentuk peta pikir
kurang sesuai dengan isi buku
c.
Membuat
rangkuman dalam bentuk peta pikir
tidak sesuai dengan isi buku
|
3
2
1
|
2
|
a.
Membuat rangkuman
berdasarkan rangkaian gagasan pokok
sesuai dengan isi buku
b.
Membuat rangkuman
berdasarkan rangkaian gagasan pokok kurang sesuai dengan isi
buku
c.
Membuat rangkuman
berdasarkan rangkaian gagasan pokok tidak sesuai dengan isi
buku
|
3
2
1
|
Pertemuan ke-3
3.
Penilaian Sikap
Sikap (spiritual dan sosial)
Teknik Penilaian
Observasi/Jurnal
a.
Sikap
Instrumen Penilaian
Nama Sekolah : SMPN
I Bojonggambir
Kelas/Semester : VII/ Semester 2
Tahun pelajaran : 20172018
Pertemuan
ke-
|
Level
Kognitif
|
Lingkup
materi
|
indikator
|
Indikator
soal
|
Nomor soal
|
|
tertulis
|
praktik
|
|||||
3
|
Pengetahuan
|
Teks literasi
|
3.10.1 Menelaah unsur buku fiksi
yang bisa dikomentari
3.10.1 Menelaah unsur buku
nonfiksi yang bisa dikomentari
|
Menuliskan
unsur-unsur buku fiksi yang dapat dikomentari
Menuliskan
unsur-unsur buku nonfiksi yang dapat dikomentari
|
1
2
|
|
Soal
1.
Menuliskan
unsur-unsur apa saja yang bisa dikomentari dari buku fiksi!
2.
Menuliskan unsur-unsur
apa saja yang bisa dikomentari dari buku nonfiksi!
Aspek
|
Tingkatan
|
Keterangan
|
||
3
|
2
|
1
|
||
Unsur-unsur
yangdapat dikomentari buku fiksi
|
Peserta didik menuliskan 3 hal-hal yang dapat
dikomentari dari unsur buku nonfiksi (cover
buku, rincian subbab,tokoh dan penokohan, tema cerita, bahasa yang digunakan,
penyajian alur cerita)
|
|
|
|
Unsur-unsur
yangdapat dikomentari buku nonfiksi
|
Peserta didik menuliskan 3 hal-hal yang dapat
dikomentari dari unsur buku nonfiksi (cover
buku, rincian subbab, judul subbab isi buku, cara menyajikan isi buku, bahasa yang
digunakan, sistematika)
|
Peserta didik menuliskan 2 hal-hal yang dapat
dikomentari dari unsur buku nonfiksi (cover
buku, rincian subbab, judul subbab isi buku, cara menyajikan isi buku, bahasa yang
digunakan, sistematika)
|
Peserta didik menuliskan 1 hal-hal yang dapat
dikomentari dari unsur buku nonfiksi (cover
buku, rincian subbab, judul subbab isi buku, cara menyajikan isi buku, bahasa yang
digunakan, sistematika)
|
|
Jawaban :
1.
cover buku, rincian subbab,tokoh dan
penokohan, tema cerita, bahasa yang digunakan, penyajian alur cerita)
2.
cover buku, rincian subbab, judul subbab
isi buku, cara menyajikan isi buku,
bahasa yang digunakan, sistematatika
Nilai = skor
perolehan X 100
Skor maksimal
Pertemuan ke-4
4.
Penilaian Sikap
Sikap (spiritual dan sosial)
Teknik Penilaian
Observasi/Jurnal
a.
Sikap
Instrumen Penilaian
Nama Sekolah : SMPN
I Bojonggambir
Kelas/Semester : VII/ Semester 2
Tahun pelajaran : 2017/2018
Pertemuan
ke-
|
Level
Kognitif
|
Lingkup
materi
|
indikator
|
Indikator
soal
|
Nomor soal
|
|
tertulis
|
praktik
|
|||||
4
|
keterampilann
|
Teks literasi
|
4.10.1 Membuat
komentar tentang buku fiksi yang dibaca
4.10.2 Membuat komentar tentang
buku nonfiksi yang dibaca
|
Mengomentari
buku fiksi yang dibaca secara tertulis
Mengomentari
Buku
nonfiksi yang dibaca secara tertulis
|
|
1
2
|
Pedoman perskoran
No
|
Aspek atau kriteria
|
Skor
|
1
|
a.
Menyusun
komentar buku fiksi yang dibaca dengan
logis
b.
Menyusun
komentar buku fiksi yang dibaca kurang logis
c.
Menyusun
komentar buku fiksi yang dibaca tidak logis
|
3
2
1
|
2
|
a.
Menyusun
komentar buku nonfiksi yang dibaca
dengan logis
b.
Menyusun
komentar buku nonfiksi yang dibaca kurang logis
c.
Menyusun
komentar buku nonfiksi yang dibaca tidak logis
|
3
2
1
|
Soal
1.
Membuat
komentar tentang buku fiksi yang dibaca
2.
Membuat
komentar tentang buku non fiksi yang
dibaca
Mengetahui.
Kepala Sekolah
|
Sodonghilir Juli 2018
Guru Mata Pelajaran
INDRA HADIAT PERMANA, S.Pd
|
0 komentar:
Post a Comment