RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       :
SMP NEGERI 1 SODONGHILIR 
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester          :
VII/Ganjil
Tema                           :
Belajar Mendeskripsikan
Sub Tema                    :
Telaah Model Teks Deskripsi
Alokasi Waktu            : 1 X 40 Menit   120 menit   : 1Pertemuan 
Tahun Pelajaran         :
2018/2019
A.     Kompetensi
Inti
1.     
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.     
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.     
Memahami
pengetahuan a(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.     
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.    
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
 
  
Kompetensi
  Dasar (KD) 
 | 
  
Indikator
  Pencapaian Kompetensi (IPK) 
 | 
 
  
3.1    Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek
  (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni
  daerah)    yang didengar dan dibaca. 
  
 | 
  
3.1.1     
  Menentukan ciri umum teks
  deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar. 
3.1.2     
  Menentukan ciri teks
  deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar. 
3.1.3     
  Menentukan jenis teks
  deskripsi pada teks yang dibaca/didengar. 
  
 | 
 
  
4.1    Menjelaskan  isi teks  deskripsi  
  objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain
  tradisional, dll)  yang didengar dan
  dibaca secara lisan, tulis dan visual 
4  
4.1  
  
 | 
  
4.1.1     
  Memetakan isi teks deskripsi (topik dan
  bagian-bagiannya) 
4.1.2     
  Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi 
4.2  
  
 | 
 
Nilai
Karakter
Ø  Religius
Ø  Mandiri+
Ø  Gotong
royong
Ø  Kejujuran
Ø  Kerja
keras
Ø  Percaya
diri
Ø  Kerjasa
ma 
C.    
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø  Siswa dapat
mengenali ciri umum teks dari segi topic yang dibahasa, isi dan aspek
kebahasaan
Ø  Memahami
pengertian teks deskripsi
Ø  Memahami
menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mampu
mengidentifikasi ciri objek, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Bersikap
disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Pertemuan Kedua
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø  Mampu
mengidentifikasi jenis teks deskripsi
Ø  Mampu
mendaftar ciri penggunaan bahasa teks deskripsi
Ø  Bersikap
disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Fokus
nilai-nilai sikap: 
Ø  Kejujuran,
Ø  Kedisiplinan
Ø  Kepedulian dan 
Ø  Tanggung jawab
D.    
Materi
Pembelajaran
1.     
Materi Pembelajaran
Reguler
.
Fakta
Ø  Lagu
Nasional ‘Rayuan Pulau Kelapa’
Ø  Struktur
teks tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan
b.
Konsep
Ø 
Pengertianteks deskripsi, Isi teksdeskripsi, Ciri
umu teks deskripsi
c.
Prinsip
Ø  Struktur
Teks Deskripsi dan Kaidah kebahasaan
d.
Prosedur
Ø  Menyusun
Teks deskripsi
2.      Materi pembelajaran remedial
Ø  Kalimat
Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengonkretkan
Ø  Menggunakan
Pilihan Kata dengan Emosi  Kuat
Ø  Mengidentifikasi
Majas
3.      Materi pembelajaran pengayaan
Ø  Ciri
objek yang dideskripsikan
Ø  Tujuan
menciptakan teks deskripsi
Ø  Ciri
isi teks deskripsi
E.    
Metode
Pembelajaran
Pendekatan            :
Saintifik
Metode      : Teknik
ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
Model        : Problem Based Learning
1.      Mengorientasikan
2.      Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
3.      Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok
4.      Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
5.      Menganalisis dan evaluasi proses pemecahan masalah
F.     
Media
Pembelajaran
1.      Media
LCD projector, 
2.      Laptop,
3.     
Bahan Tayang
G.   
Sumber
Belajar
a.       Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
b.     
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
c.      
Modul/bahan
ajar,
d.     
Internet,
e.      
Sumber
lain yang  relevan
H.    Langkah-langkah Pembelajaran
 
   
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40menit ) 
 | 
   
Waktu 
 | 
  
 
  
Kegiatan Pendahuluan 
Guru : 
Orientasi (Menunjukkan sikap disiplin sebelum
  memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
  dianut  (Karakter) serta membiasakan
  membaca dan memaknai isi dalam doa (Literasi)) 
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk 
  memulai pembelajaran 
v  Peserta didik mengucapkan salam khas sekolah. 
v  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan  mengajak mereka untuk merapikan meja, kursi
  serta kebersihan kelas. 
v  Peserta didik mempersiapkan buku siswa, alat, dan
  bahan untuk mengikuti pelajaran. 
v  Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk
  bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta
  didikmenyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran. 
Apersepsi 
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan
  pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
  materi/tema/kegiatan sebelumnya, 
Ø  Kelas 6 
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.  
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
  dilakukan.  
Motivasi 
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
  dipelajari. 
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini
  dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
  tentang:  
Ø 
  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi 
Ø 
  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi 
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung 
v  Mengajukan pertanyaan.  
v  Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang Perumusan Pancasila sebagai
  Dasar Negara untuk mengecek
  penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilikisiswa. 
Pemberian Acuan 
v  Memberitahukan  materi pelajaran
  yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. 
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
  KKM pada pertemuan yang  berlangsung 
v  Pembagian kelompok belajar 
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. 
 | 
  
10 
menit 
 | 
 
  
Kegiatan Inti 
   
    
Sintak 
Model Pembelajaran 
 | 
    
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
    
    
Orientasi peserta didik
    kepada masalah 
 | 
    
Mengamati 
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
    perhatian(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan
    (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah
    (Karakter) 
pada topic  
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi 
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
    dan  isi teks deskripsi 
dengan cara :  
v  Melihat (tanpa atau dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C)
    dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu,
    jujur dan pantang menyerah (Karakter) 
Menayangkan gambar/foto/tabel
    berikut ini 
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi 
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
    dan  isi teks deskripsi 
v  Mengamati(Berpikir kritis dan kreatif (4C), tangguh dalam
    menyelesaikan masalah serta berani mengemukakan pendapat dengan rasa
    percaya diri (Karakter); mampu membaca permasalahan serta mengaitkannya
    dengan konsep yang akan dipelajari (Literasi)) 
lembar kerja, pemberian
    contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
    media interaktif, dsb yang berhubungan dengan: 
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi 
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
    dan  isi teks deskripsi 
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum
    kegiatan pembelajaran berlangsung), Literasi 
materi dari buku paket atau
    buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan materi 
     
     
      
      
      
      
      
      
      
      
      
      
      
      
     
     
     
    
     
     
v  Mendengar 
pemberian materi oleh guru
    yang berkaitan dengan 
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi 
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
    dan  isi teks deskripsi 
v  Menyimak, 
penjelasan pengantar
    kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :  
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
    deskripsi 
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
    dan  isi teks deskripsi 
untuk melatih kesungguhan,
    ketelitian, mencari informasi. 
 | 
    
    
Mengorganisasikan peserta
    didik 
 | 
    
Menanya Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur,
    tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah 
v  Guru memberikan
    kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
    pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh
    guru 
v  Guru memberikan
    kesempatan untukmemberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan,
    rasa ingintahu, dan sikap toleransi,
    guru
    memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswatersebut
    (menanya) Nilai Karakter: rasa ingin tahu,
    jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah.(Pembelajaran HOTS) 
v  Peserta didik
    diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang
    ditemukan, serta menjawab pertanyaanberdasarkan hasil pengamatan yang ada
    pada buku paket; 
v  Pendidik
    memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
    berdasarkan hasil pengamatan dari buku paket yang didiskusikan bersama
    kelompoknya; 
v  Mengajukan pertanyaan (Kritis dan kreatif, serta berani
    mengemukakan ide/pendapat-nya dengan rasa ingin tahu, pantang menyerah,
    jujur dan percaya diri)  
tentang :  
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
    deskripsi 
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
    dan  isi teks deskripsi 
yang tidak dipahami dari apa
    yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
    apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
    bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
    kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
    untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  : 
Kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS).  
1)     
    Apakah ciri teks deskripsi sama dengan ciri teks naratif 
 | 
    
    
Membimbing penyelidikan
    individu dan kelompok 
 | 
    
Mengumpulkan
    informasi(Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam
    kelompok (4C), dengan  rasa ingin
    tahu, tanggung jawab  dan pantang
    menyerah (Karakter),literasi (membaca) 
v  Peserta
    didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama. 
v  Peserta
    didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik
    (LKPD).  
v  Peserta
    didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka
    sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja
    Peserta Didik (LKPD) dengan sikap memiliki
    rasa percayadiri, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, dan kerjasama
    (menalar dan mencoba). 
v  Peserta didik mengumpulkan informasi yang
    relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: 
v  Mengamati obyek/kejadian, Berpikir kritis dan bekerjasama (4C)
    dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu,
    jujur dan pantang menyerah (Karakter) 
v  Membaca sumber lain selain buku teks 
mengunjungi laboratorium
    komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang  
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
    deskripsi 
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
    dan  isi teks deskripsi 
v  Mengumpulkan informasi 
Mengumpulkan
    data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
    solusimasalah terkait materi pokok yaitu 
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
    deskripsi 
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
    dan  isi teks deskripsi 
v  AktivitasMengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif,
    berkomunikasi dan bekerjasama (4C) 
Ø  Peserta didik diminta membuat daftar
    hal yang dideskripsikan dari keempat teks, Judul Parang tritis nan Indah,
    Ayah Panutanku, Ibu Inspirasiku, Sibagas Kelinci kecilku 
v  MempraktikanMengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif,
    berkomunikasi dan bekerjasama (4C) 
v  MendiskusikanBerpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling
    berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan 
    rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter) 
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan
    dalam kelompok: Tentang ciri teks deskripsi dari segi isi dan tujuan teks
    deskripsi! 
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan
    dalam kelompok:Tentang ciri objek yang dideskripsikan 
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan
    dalam kelompok:Tentang tujuan menciptakan teks deskripsi 
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan
    dalam kelompok: Tentang ciri isi teks deskripsi 
v  Saling tukar informasi tentang  :  
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
    deskripsi 
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
    dan  isi teks deskripsi 
dengan ditanggapi aktif oleh
    peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
    baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
    menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
    atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
    sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
    berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
    cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
    hayat.  
 | 
    
    
Mengembangkan dan menyajikan
    hasil karya 
 | 
    
Mengkomunikasikan 
Peserta
    didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad
    21 
Peserta
    didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di
    Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),dengansikappenuhpercayadiridankomunikatif sedangkan
    kelompok lainnya menanggapi. 
v  Pendidik mendorong
    agar peserta didik secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta saling
    bantu untuk menyelesaikan masalah(Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan
    bekerjasama (4C),) 
v  Selama peserta
    didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan mendorong semua
    peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok
    yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya (Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur,
    tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)apabila ada yang
    belum dipahami, bila diperlukan pendidik memberikan bantuan secara klasikal. 
Ø  Peserta didik menyimpulkan materi
    pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal 
v  Menyampaikan hasil
    diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
    tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
    toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
    sopan 
v  Mempresentasikan (Komunikasi dan bekerjasama (4C) dalam menyampaikan hasil
    gagasan/ ide-ide (Karakter), serta membiasakan menuliskan hasil kerja pada
    media sederhana (Literasi) Berpikir kritis, bekerjasama dan mampu
    berkomunikasi) hasil
    diskusi kelompok secara klasikal tentang :  
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
    deskripsi 
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
    dan  isi teks deskripsi 
v  Mengemukakan 
    pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan
    ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan 
v  Bertanya atas
    presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk
    menjawabnya.  
v  Menyimpulkan(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam menyusun kesimpulan
    yang tepat sesuai dengan konsep (Literasi) dengan rasa ingin tahu dan
    percaya diri (Karakter)tentang
    point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
    dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang  
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
    deskripsi 
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
    dan  isi teks deskripsi 
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
    pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.  
v  Bertanya tentang
    hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada
    siswa.  
v  Menyelesaikan uji
    kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
    lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
    terhadap materi pelajaran  
 | 
    
    
Menganalisa &
    mengevaluasi proses pemecahan masalah 
 | 
    
Mengasosiasikan 
Peserta didik melakukan
    refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah
    dilaksanakan. 
Peserta didik menganalisa
    masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran  
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
    hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
    dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
    pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. 
v  Peserta didik
    mengerjakan beberapa soal mengenai  
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
    deskripsi 
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
    dan  isi teks deskripsi 
v  Menambah keluasan
    dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
    solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
    kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
    taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
    berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :  
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
    deskripsi 
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
    dan  isi teks deskripsi 
 | 
    
 
 
 
 | 
  
60 
menit 
 | 
 
  
Catatan : 
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
  pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
  jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
  lingkungan) 
 | 
  
  
 | 
 
  
Kegiatan Penutup 
Peserta didik : 
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
       point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
       dilakukan.Membiasakan sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang
       diberikan (Karakter)
 
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
       dilaksanakan.
 
 
Guru : 
- Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik
       yang  selesai mengerjakan projek
       dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
 
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki
       kinerja dan kerjasama yang baikPenguatan Pendidikan Karakter dan
       Pembelajaran Abad 21
 
- Merencanakan kegiatan
       tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
       diperlukan).
 
- Mengagendakan pekerjaan rumah.Membiasakan
       sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang diberikan
       (Karakter)
 
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
       pertemuan berikutnya
 
- Memberi salam.Sikap disiplin dan mengamalkan
       ajaran agama yang dianut(Karakter)
 
 
 | 
  
10 
menit 
 | 
 
 
   
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40menit ) 
 | 
   
Waktu 
 | 
  
 
  
Kegiatan Pendahuluan 
Guru : 
Orientasi (Menunjukkan sikap disiplin sebelum
  memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
  dianut  (Karakter) serta membiasakan
  membaca dan memaknai isi dalam doa (Literasi)) 
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk 
  memulai pembelajaran 
v  Peserta didik mengucapkan salam khas sekolah. 
v  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan  mengajak mereka untuk merapikan meja, kursi
  serta kebersihan kelas. 
v  Peserta didik mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan
  untuk mengikuti pelajaran. 
v  Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk
  bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta
  didikmenyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran. 
Apersepsi 
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan
  pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
  materi/tema/kegiatan sebelumnya, 
Ø 
  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi 
Ø  Mengidentifikasi
  ciri objek, tujuan, dan  isi teks
  deskripsi 
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.  
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
  dilakukan.  
Motivasi 
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
  dipelajari. 
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini
  dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
  tentang:  
Ø 
  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi  
Ø 
  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks
  Deskripsi 
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung 
v  Mengajukan pertanyaan.  
v  Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang Perumusan Pancasila sebagai
  Dasar Negara untuk mengecek
  penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilikisiswa. 
Pemberian Acuan 
v  Memberitahukan  materi pelajaran
  yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. 
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
  KKM pada pertemuan yang  berlangsung 
v  Pembagian kelompok belajar 
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. 
 | 
  
10 
menit 
 | 
 
  
Kegiatan Inti 
   
    
Sintak 
Model Pembelajaran 
 | 
    
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
    
    
Orientasi peserta didik
    kepada masalah 
 | 
    
Mengamati 
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
    perhatian(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan
    (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah
    (Karakter) 
pada topic  
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks
    Deskripsi  
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
    pada Teks Deskripsi 
dengan cara :  
v  Melihat (tanpa atau dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C)
    dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu,
    jujur dan pantang menyerah (Karakter) 
Menayangkan gambar/foto/tabel
    berikut ini 
     
     
v  Mengamati (Berpikir kritis dan kreatif (4C), tangguh dalam menyelesaikan masalah
    serta berani mengemukakan pendapat dengan rasa percaya diri (Karakter);
    mampu membaca permasalahan serta mengaitkannya dengan konsep yang akan
    dipelajari (Literasi)) 
lembar kerja, pemberian
    contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
    media interaktif, dsb yang berhubungan dengan: 
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks
    Deskripsi  
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
    pada Teks Deskripsi 
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum
    kegiatan pembelajaran berlangsung), Literasi 
materi dari buku paket atau
    buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan materi 
     
     
v  Mendengar 
pemberian materi oleh guru
    yang berkaitan dengan 
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks
    Deskripsi  
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
    pada Teks Deskripsi 
v  Menyimak, 
penjelasan pengantar
    kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :  
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks
    Deskripsi  
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
    pada Teks Deskripsi 
untuk melatih kesungguhan,
    ketelitian, mencari informasi. 
 | 
    
    
Mengorganisasikan peserta
    didik 
 | 
    
Menanya Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur,
    tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah 
v  Guru memberikan
    kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
    pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh
    guru 
v  Guru memberikan
    kesempatan untukmemberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan,
    rasa ingintahu, dan sikap toleransi,
    guru
    memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswatersebut
    (menanya) Nilai Karakter: rasa ingin tahu,
    jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah.(Pembelajaran HOTS) 
v  Peserta didik
    diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang
    ditemukan, serta menjawab pertanyaanberdasarkan hasil pengamatan yang ada
    pada buku paket; 
v  Pendidik
    memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
    berdasarkan hasil pengamatan dari buku paket yang didiskusikan bersama
    kelompoknya; 
v  Mengajukan pertanyaan (Kritis dan kreatif, serta berani
    mengemukakan ide/pendapat-nya dengan rasa ingin tahu, pantang menyerah,
    jujur dan percaya diri)  
tentang :  
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks
    Deskripsi  
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
    pada Teks Deskripsi 
yang tidak dipahami dari apa
    yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
    apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
    bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
    kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
    untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  : 
Kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS).  
2)     
    Ada berpakah jenis teks deskripsi 
 | 
    
    
Membimbing penyelidikan
    individu dan kelompok 
 | 
    
Mengumpulkan
    informasi(Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam
    kelompok (4C), dengan  rasa ingin
    tahu, tanggung jawab  dan pantang
    menyerah (Karakter),literasi (membaca) 
v  Peserta
    didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama. 
v  Peserta
    didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik
    (LKPD).  
v  Peserta
    didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka
    sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja
    Peserta Didik (LKPD) dengan sikap memiliki
    rasa percayadiri, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, dan kerjasama
    (menalar dan mencoba). 
v  Peserta didik mengumpulkan informasi yang
    relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: 
v  Mengamati obyek/kejadian, Berpikir kritis dan bekerjasama (4C)
    dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu,
    jujur dan pantang menyerah (Karakter) 
v  Membaca sumber lain selain buku teks 
mengunjungi laboratorium
    komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang  
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks
    Deskripsi  
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
    pada Teks Deskripsi 
v  Mengumpulkan informasi 
Mengumpulkan
    data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
    solusimasalah terkait materi pokok yaitu 
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks
    Deskripsi  
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
    pada Teks Deskripsi 
v  AktivitasMengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi
    dan bekerjasama (4C) 
Ø  Peserta didik diminta membuat daftar
    kalimat perincian yang menjelaskan kalimat lain yang lebih umum, 
Lakukan
    seperti contoh. berikut 
     
     
Ø  Peserta didik diminta membuat daftar
    semua kalimat yang membuat kamu seakan melihat, mendengar, dan merasakan
    objek yang dideskripsikan 
v  MempraktikanMengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif,
    berkomunikasi dan bekerjasama (4C) 
v  MendiskusikanBerpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling
    berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan 
    rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter) 
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan
    dalam kelompok: Tentang jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya 
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan
    dalam kelompok: Tentang tulis dengan bahasamu sendiri jenis teks deskripsi
    ditinjau dari kemandiriannya sebagai sebuah jenis teks 
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan
    dalam kelompok: Tentang Ciri penggunaan kata pada teks deskripsi  
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan
    dalam kelompok: Tentang Ciri Penggunaan Kalimat pada teks deskripsi 
v  Saling tukar informasi tentang  :  
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks
    Deskripsi  
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
    pada Teks Deskripsi 
dengan ditanggapi aktif oleh
    peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
    baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
    menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
    atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
    sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
    berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
    cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
    hayat.  
 | 
    
    
Mengembangkan dan menyajikan
    hasil karya 
 | 
    
Mengkomunikasikan 
Peserta
    didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad
    21 
Peserta
    didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di
    Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),dengansikappenuhpercayadiridankomunikatif sedangkan
    kelompok lainnya menanggapi. 
v  Pendidik mendorong
    agar peserta didik secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta
    saling bantu untuk menyelesaikan masalah(Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi
    dan bekerjasama (4C),) 
v  Selama peserta
    didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan mendorong semua
    peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok
    yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya (Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur,
    tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)apabila ada yang
    belum dipahami, bila diperlukan pendidik memberikan bantuan secara
    klasikal. 
Ø  Peserta didik menyimpulkan materi
    pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal 
v  Menyampaikan hasil
    diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
    tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
    toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
    sopan 
v  Mempresentasikan (Komunikasi dan bekerjasama (4C) dalam menyampaikan hasil
    gagasan/ ide-ide (Karakter), serta membiasakan menuliskan hasil kerja pada
    media sederhana (Literasi) Berpikir kritis, bekerjasama dan mampu
    berkomunikasi) hasil
    diskusi kelompok secara klasikal tentang :  
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks
    Deskripsi  
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
    pada Teks Deskripsi 
v  Mengemukakan 
    pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan
    ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan 
v  Bertanya atas
    presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan
    untuk menjawabnya.  
v  Menyimpulkan(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam menyusun
    kesimpulan yang tepat sesuai dengan konsep (Literasi) dengan rasa ingin
    tahu dan percaya diri (Karakter)tentang point-point penting
    yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa: Laporan
    hasil pengamatan secara tertulis tentang  
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks
    Deskripsi  
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
    pada Teks Deskripsi 
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
    pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.  
v  Bertanya tentang
    hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada
    siswa.  
v  Menyelesaikan uji
    kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
    lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
    terhadap materi pelajaran  
 | 
    
    
Menganalisa &
    mengevaluasi proses pemecahan masalah 
 | 
    
Mengasosiasikan 
Peserta didik melakukan
    refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah
    dilaksanakan. 
Peserta didik menganalisa
    masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran  
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
    hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
    dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
    pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. 
v  Peserta didik
    mengerjakan beberapa soal mengenai  
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks
    Deskripsi  
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
    pada Teks Deskripsi 
v  Menambah keluasan
    dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
    solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
    kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
    taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
    berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :  
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks
    Deskripsi  
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
    pada Teks Deskripsi 
 | 
    
 
 
 
 | 
  
60 
menit 
 | 
 
  
Catatan : 
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
  pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
  jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
  lingkungan) 
 | 
  
  
 | 
 
  
Kegiatan Penutup 
Peserta didik : 
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
       point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
       dilakukan.Membiasakan sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang
       diberikan (Karakter)
 
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
       dilaksanakan.
 
 
Guru : 
- Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik
       yang  selesai mengerjakan projek
       dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
 
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
       memiliki kinerja dan kerjasama yang baikPenguatan
       Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21
 
- Merencanakan kegiatan
       tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
 
- Mengagendakan pekerjaan rumah.Membiasakan
       sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang diberikan
       (Karakter)
 
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
       pertemuan berikutnya
 
- Memberi salam.Sikap disiplin dan mengamalkan
       ajaran agama yang dianut(Karakter)
 
 
 | 
  
10 
menit 
 | 
 
I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan  
1.     
Teknik Penilaian
a.     
Penilaian
Kompetensi Sikap Spiritual
 
  
No 
 | 
  
Teknik 
 | 
  
Bentuk Instrumen 
 | 
  
Butir Instrumen 
 | 
  
Waktu Pelaksanaan 
 | 
  
Keterangan 
 | 
 
  
1 
 | 
  
Observasi 
 | 
  
Jurnal 
 | 
  
Terlampir 
 | 
  
Saat pembelajaran berlangsung 
 | 
  
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran 
(assessment  forand  of  learning) 
 | 
 
  
2 
 | 
  
Penilaian 
diri 
 | 
  
  
 | 
  
Terlampir 
 | 
  
Saat pembelajaran usai 
 | 
  
Penilaian sebagai Pembelajaran (assessment as learning) 
 | 
 
  
3 
 | 
  
Penilaian 
antar 
tema 
 | 
  
  
 | 
  
Terlampir 
 | 
  
Setelah pembelajaran 
usai 
 | 
  
Penilaian sebagaipembelajaran(assessment
  as learning) 
 | 
 
b.     
Penilaian Kompetensi Sikap Sosial
 
  
No 
 | 
  
Teknik 
 | 
  
Bentuk Instrumen 
 | 
  
Butir Instrumen 
 | 
  
Waktu Pelaksanaan 
 | 
  
Keterangan 
 | 
 
  
1 
 | 
  
Observasi 
 | 
  
Jurnal 
 | 
  
Terlampir 
 | 
  
Saat pembelajaran berlangsung 
 | 
  
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran 
(assessment forand of learning) 
 | 
 
  
2 
 | 
  
Penilaian 
diri 
 | 
  
  
 | 
  
Terlampir 
 | 
  
Saat pembelajaran usai 
 | 
  
Penilaian sebagai Pembelajaran (assessment as learning) 
 | 
 
  
3 
 | 
  
Penilaian 
antar 
tema 
 | 
  
  
 | 
  
Terlampir 
 | 
  
Setelah pembelajaran 
usai 
 | 
  
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning) 
 | 
 
c.      
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
 
  
No 
 | 
  
Teknik 
 | 
  
Bentuk Instrumen 
 | 
  
Butir Instrumen 
 | 
  
Waktu Pelaksanaan 
 | 
  
Keterangan 
 | 
 
  
1 
 | 
  
Lisan 
 | 
  
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka  
 | 
  
Terlampir 
 | 
  
Saat pem belajaran berlangsung 
 | 
  
Penilaian untukpembelajaran 
(assessment for learning) 
 | 
 
  
2 
 | 
  
Penugasan 
 | 
  
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk
  esei, pilihan ganda, benar- salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya  
 | 
  
Terlampir 
 | 
  
Saat pembelajaran berlangsung 
 | 
  
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for  learning)
  dan sebagai pembelajaran (assessment as
  learning) 
 | 
 
  
3 
 | 
  
Tertulis 
 | 
  
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk
  esai, pilihan ganda, benar- salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya  
 | 
  
Terlampir 
 | 
  
Setelah
  pembelajaran usai 
 | 
  
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning) 
 | 
 
  
4 
 | 
  
Portofolio 
 | 
  
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan
  atau tes tertulis 
 | 
  
Terlampir 
 | 
  
Saat 
pembelajaran 
usai 
 | 
  
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian 
pengetahuan (assessment
  of learning) 
 | 
 
d.     
Penilaian Kompetensi Keterampilan
 
  
No 
 | 
  
Teknik 
 | 
  
Bentuk Instrumen 
 | 
  
Butir Instrumen 
 | 
  
Waktu Pelaksanaan 
 | 
  
Keterangan 
 | 
 
  
1 
 | 
  
Praktik 
 | 
  
Tugas (keterampilan) 
 | 
  
Terlampir 
 | 
  
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah
  usai  
 | 
  
Penilaian untuk, sebagai,  dan/atau pencapaian 
 | 
 
  
2 
 | 
  
Produk 
 | 
  
Tugas (keterampilan) 
 | 
  
Terlampir 
 | 
  
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah
  usai  
 | 
  
pembelajaran (assessment  for, as, and   of learning)  
 | 
 
  
3 
 | 
  
Proyek 
 | 
  
Tugas besar 
 | 
  
Terlampir 
 | 
  
Selama atau usai pembelajaran berlangsung 
 | 
  
Penilaian untuk, sebagai,  dan/atau pencapaian 
 | 
 
  
4 
 | 
  
Portofolio 
 | 
  
Sampel produk terbaik dari
  tugas atau proyek 
 | 
  
Terlampir 
 | 
  
Saat pembelajaran usai  
 | 
  
pembelajaran (assessment  for, as, and   of learning)  
 | 
 
2.     
PembelajaranRemedial
dan Pengayaan
a.      Remedial
v  Remedial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta
didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial
karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
ª  Peserta didik yang belum menguasai
materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian
kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari
tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada
waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
v  Tulis
kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
Ø  pembelajaran
ulang 
Ø  bimbingan
perorangan
Ø  belajar
kelompok
Ø  pemanfaatan
tutor sebaya 
bagi peserta didik yang belum
mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
b.      Pengayaan
v  Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
v  Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya 
ª  Peserta didik yang sudah menguasai
materi mengerjakan soal pengayaan yang telah 
disiapkan  oleh  guru 
berupa  pertanyaan-pertanyaan  pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru
mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam
pengayaan
v  Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman
materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan soal-soal dengan
tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai
narasumber..
                                                                                                   Sodonghilir 16 Juli 2018
Mengetahui 
Kepala SMP N/S                                                  Guru
Mata Pelajaran
Drs.
ZAENAL MUTTAQIN, M,Pd                      INDRA H PERMANA, S.Pd
NIP 196610803 198303 1010                             NIP
 
0 komentar:
Post a Comment