Home » , » RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH KALIMAT DAN JENDELA KATA

RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH KALIMAT DAN JENDELA KATA


RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

Sekolah                 :    SMP  Pasundan 1 Kota Bandung
Mata pelajaran      :    Bahasa Indonesia
Materi Pokok        :   Teks  Puisi
Kelas/Semester      :    VIII/I
Alokasi Waktu      :    6 JP (6 x 40 menit)

A.       Kompetensi Inti (KI)
KI-3
Memahami  dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
K2-4
Mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (KI)

KOMPETENSI DASAR  PENGETAHUAN

INDIKATOR PENCAPAIAN  KOMPETENSI
3.8



Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan,lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca
3.8.1
Merinci bahasa figuratif  sebagai salah satu unsur  fisik pembangun  teks puisi.
3.8.2
Menelaah makna konotasi dari bahasa figuratif dalam setiap bait teks puisi
3.8. 2
Menelaah isi teks puisi berdasarkan makna konotasi dan hahasa figuratif  dalam setisp bait teks puisi

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
4.8
Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/ lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
4.8.1
Merancang gagasan dalam bentuk  teks puisi secara tertulis  dengan memperhatikan makna konotasi dan bahasa figuratif 
4.8.2
Merancang  perasaan  dalam bentuk teks  puisi secara tertulis dengan memperhatikan bahasa figuratif
4.8.3
Menulis  gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk teks puisi dengan memperhatikan   gaya bahasa sebagai unsur pembangun  teks puisi




C.        Tujuan Pembelajaran
1
Setelah mengamati lirik lagu tulus berjudul sepatu  peserta didik dapat merinci bahasa figuratif  sebagai unsur fisik teks puisi
2.
Setelah mengamati lirik lagu tulus berju dul sepatu  peserta didik dapat menelaah makna  konotatif   dari bahasa figuratif dalam tiap-tiap bait dengan tepat dan cermat
3.
Setelah mengamati video puisi  doa chairil anwar peserta didik dapat menelaah isi puisi berdasarkan makna konotasi dari bahasa figuratif  teks puisi
4.
Setelah mengamati teks puisi yang berjudul  doa karya chairil anwar  peserta didik dapat merancang gagasan,dan pendapat dalam bentuk teks puisi berorientasi  terhadap bahasa figuratif secara tertulis  dengan benar dan percaya diri
5.
Setelah merancang gagasan  dan pendapat dalam bentuk  teks puisi  peserta didik dapat merancang perasaan dan dalam bentuk teks puisi berorientasi bahasa figuratif  secara tertulis  dengan benar dan percaya diri
6
Setelah  merancang gagasan, pendapat  dan perasaan  peserta didik  dapat membuat teks puisi berorientasi terhadap  bahasa figuratif dengan tepat dan  kreatif

D.       Jenis Media
1.      Rumah kalimat dan  jendela kata
2.      Salindia
3.      Video lagu sepatu  ciptaan tulus
E.       Bahan
2.      karton  warna
3.      sterefoom
4.       gambar hias
5.      Stik kayu
F.        Alat:
1.      Komputer
2.      Gunting
3.       Kater
4.      Lem
5.      Dabeltif

G.      Langkah Pembuatan
Proses pembuatan media pembelajaran rumah kalimat dan kartu kata   yaitu sebagai berikut.
1.    Sediakanlah 5  sterofoam untuk dijadikan bahan membuatan media rumah kalimat dan kartu kata
2.      Buatlah potongan  kecil dari sterofoam  untuk dijadikan  jendela kata dan jendela kalimat
3.      Hiasi dengan berbagai teknik
4.       tempelkan stik kayu  di bagian atasnya  sehingga menjadi  bentuk segitiga


H.      Langkah Penerapan dalam Pembelajaran
1.      Peserta didik menyimak penjelasan dari  pendidik  mengenai proses pembelajaran  mericinci gaya bahasa  dengan media rumah kalimat  dan jendela kata
2.    Peserta didik   dari tiap-tiap kelompok   tampil  bergantian untuk mengambil  jendela kata   untuk di tempelkan dalam rumah kalimat sesuai dengan pasangannya  
3.      Tiap-tiap kelompok  dapat  merinci gaya bahasa dengan  tepat dan disiplin
4.     Tiap-tiap kelompok  mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas dan kelompok yang lain menanggapinya
5.      Peserta didik Bersama pendidik melakukan refleksi











/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}