LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS
Tujuan
Kegiatan: 
Menyusun soal berorientasi HOTS.
Langkah
Kegiatan: 
1.      
Buatlah penilaian pengetahuan dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
a.      
Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata
pelajaran yang diampu sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang telah
ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
b.     
Buatlah soal pada kartu soal yang tersedia,
setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal pilihan ganda dengan level
kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi (LK-4b) dan penalaran serta 1
(satu) soal uraian (LK-4c)! 
c.      
Anggota kelompok secara berpasangan menelaah
soal menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia (LK-4d).
2.      
Presentasikan hasil kerja, peserta lain
menyimak presentasi dengan cermat  untuk
memberikan saran perbaikan!
3.      
Perbaiki hasil yang dibuat sesuai saran!
LK-4a. KISIKISI-KISI
PENULISAN SOAL
1.   
FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis sekolah                 : SMP                                                                               
Jumlah soal                    : 15
Mata pelajaran             : IPA                                                                                 
Bentuk soal/tes           :. PG dan Uraian
Penyusun                       :  PKP Zonasi IPA
Alokasi waktu              : 2 JP
2.   
KARTU
SOAL
LK -4b KARTU SOAL PILIHAN GANDA
KARTU SOAL NOMOR 1 
(PILIHAN GANDA) 
Mata
  Pelajaran       : IPA                                         
Kelas/Semester     : IX / 1                                                              
 | 
 |
Kompetensi Dasar 
 | 
  
3.3.
  Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .     
  pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup 
 | 
 
Materi  
 | 
  
PEWARISAN SIFAT 
 | 
 
Indikator Soal 
 | 
  
1.Diberikan persilangan kacang
  ercis bulat kuning dengan kisut hijau. Bulat dominan terhadap kisut,, hijau
  dominan terhadap kuning. Peserta didik dapat menentukan jumlah individu yang
  berpenotif bulat hijau. 
 | 
 
Level Kognitif 
 | 
  
C4 
 | 
 
Soal 
Disilangkan kacang ercis bulat
  kuning (BBkk) dengan ercis kisut hijau ( bbKK). Bulat dominan terhadap kisut,
  dan hijau dominan terhadap kuning. 
  Dari persilangan di atas jumlah individu yang mempunyai fenotipe bulat
  hijau adalah sebagai berikut...... 
a. 9 
b. 6 
c. 3 
d. 1 
 | 
 |
KARTU SOAL NOMOR 2 
(PILIHAN GANDA) 
Mata Pelajaran       : IPA                                         
Kelas/Semester     : IX / 1                                                              
 | 
 |
Kompetensi Dasar 
 | 
  
3.3.
  Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .     
  pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup 
 | 
 
Materi  
 | 
  
PEWARISAN SIFAT 
 | 
 
Indikator Soal 
 | 
  
Diberikan persilangan kelinci
  rambut hitam kasar terhadap kelinci rambut putih halus. Peserta didik dapat
  menentukan persentase genotif kelinci berbulu hitam halus, dan putih halus
  pada F1 
 | 
 
Level Kognitif 
 | 
  
C4 
 | 
 
Diketahui pada kelinci rambut
  hitam dominan terhadap rambut putih. Rambut kasar dominan terhadap rambut halus.
  Seekor kelinci berambut hitam dan kasar ( HHRr ) disilangkan dengan kelinci
  rambut hitam dan kasar juga ( HhRr). Persentase genotipe kelinci berbulu
  hitam halus dan putih halus  pada 
F1 adalah.......... 
a. 75% dan 25% 
b. 25% dan 0% 
c. 75% dan 0% 
d. 25%
  dan 75% 
 | 
 |
KARTU SOAL NOMOR 3 
(PILIHAN GANDA) 
Mata
  Pelajaran       : IPA                                         
Kelas/Semester     : IX / 1                                                              
 | 
 ||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar 
 | 
  
3.3.
  Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .     
  pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
Materi  
 | 
  
PEWARISAN SIFAT 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
Indikator Soal 
 | 
  
Disajikan
  diagram punet  persilangan tanaman padi
  bulir besar, umur panjang (BBPP) dengan tanaman padi bulir kecil berumur
  pendek (bbpp). Peserta didik dapat menentukan genotif mana yang jika
  disilangkan menghasilkan bibit unggul. 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
Level Kognitif 
 | 
  
C4 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
Persilangan antara  tanaman padi bulir besar, berumur panjang (
  BBPP ) dengan tanaman padi bulir kecil berumur pendek ( bbpp ) adalah sebagai
  berikut: 
P:                     BBPP                x                   bbpp 
G:                        BP                                             bp 
F1:                   BbPp ( Bulir besar, umur
  panjang ) 
P2:                BbPp                  x                  BbPp 
G:                   BP, Bp, bP, bp                    BP, Bp, bP, bp 
 
Bila sifat bulir besar dan
  berumur pendek merupakan sifat – sifat unggul, genotipe pada F2 yang paling
  baik disilangkan untuk mendapatkan bibit unggul adalah genotipe.... dengan
  genotipe ..... 
a. 1        x     
          16 
b. 4        x             13 
c.
  6         x            14 
d. 11       x           12 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||||
KARTU SOAL NOMOR 4 
(PILIHAN GANDA) 
Mata
  Pelajaran       : IPA                                         
Kelas/Semester     : IX / 1                                                              
 | 
 |
Kompetensi Dasar 
 | 
  
3.3.
  Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .     
  pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup 
 | 
 
Materi  
 | 
  
PEWARISAN SIFAT 
 | 
 
Indikator Soal 
 | 
  
Disajikan
  seorang ayah buta warna (XcbY) 
  menikah dengan seorang wanita carier buta warna (XcbX),
  peserta didik dapat menentukan anak yang buta warna dari 8 anak. 
 | 
 
Level Kognitif 
 | 
  
C4 
 | 
 
Seorang pria buta warna menikah
  dengan seorang wanita pembawa sifat buta warna, apabila memiliki 8 orang anak,
  maka  yang mengalami buta warna
  berjumlah........... 
a. 6 
b. 4 
c. 2 
d. 1 
 | 
 |
KARTU SOAL NOMOR 5 
(PILIHAN GANDA) 
Mata
  Pelajaran       : IPA                                         
Kelas/Semester     : IX / 1                                                              
 | 
 |
Kompetensi Dasar 
 | 
  
3.3.
  Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .     
  pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup 
 | 
 
Materi  
 | 
  
PEWARISAN SIFAT 
 | 
 
Indikator Soal 
 | 
  
Disajikan
  persilangan 2 individu yang bersifat intermediet antara warna merah dan
  putih. Peserta didik dapat membandingkan hasil F2 nya. 
 | 
 
Level Kognitif 
 | 
  
C5 
 | 
 
Persilangan dua individu yang
  bersifat intermediet antara warna merah dan putih akan menghasilkan F2 dengan
  warna........... 
a.
  merah, merah muda dan putih 
b. merah muda dan merah 
c. merah muda dan putih 
d. merah dan putih 
 | 
 |
KARTU SOAL NOMOR 6 
(URAIAN) 
Mata
  Pelajaran       : IPA                                         
Kelas/Semester     : IX / 1                                                              
 | 
 |
Kompetensi Dasar 
 | 
  
3.3.
  Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .     
  pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup 
 | 
 
Materi  
 | 
  
PEWARISAN SIFAT 
 | 
 
Indikator Soal 
 | 
  
Disajikan
  gambar DNA dan RNA, peserta didik dapat membandingkan struktur materi genetikDNA
  dan RNA 
 | 
 
Level Kognitif 
 | 
  
C5 
 | 
 
![]() 
Dari gambar di atas, tuliskan
  perbandingan struktur materi genetik DNA dan RNA ! 
 | 
 |
KARTU SOAL NOMOR 7 
(URAIAN) 
Mata
  Pelajaran       : IPA                                         
Kelas/Semester     : IX / 1                                                              
 | 
 |
Kompetensi Dasar 
 | 
  
3.3.
  Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .     
  pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup 
 | 
 
Materi  
 | 
  
PEWARISAN SIFAT 
 | 
 
Indikator Soal 
 | 
  
Peserta didik
  dapat menjelaskan cara menghasilkan tanaman kapri berbunga putih dari
  persilangan sesama tanaman kapri berbunga ungu. 
 | 
 
Level Kognitif 
 | 
  
C5 
 | 
 
Bagaimana persilangan antara
  sesama tanaman kapri berbunga ungu dapat menghasilkan tanaman kapri berbunga
  putih? 
 | 
 |
KARTU SOAL NOMOR 8 
(URAIAN) 
Mata
  Pelajaran       : IPA                                         
Kelas/Semester     : IX / 1                                                              
 | 
 |
Kompetensi Dasar 
 | 
  
3.3.
  Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .     
  pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup 
 | 
 
Materi  
 | 
  
PEWARISAN SIFAT 
 | 
 
Indikator Soal 
 | 
  
Disajikan
  Parental dari persilangan golongan darah. Siswa dapat mengidentifikasi  keturunan yang bergolongan darah O 
 | 
 
Level Kognitif 
 | 
  
C5 
 | 
 
Ayah bergolongan darah A menikah
  dengan ibu yang bergolongan darah B, apakah mungkin anaknya bergolongan darah
  0 jelaskan lengkap dengan skema persilangannya! 
 | 
 |
KARTU SOAL NOMOR 9 
(URAIAN) 
Mata
  Pelajaran       : IPA                                         
Kelas/Semester     : IX / 1                                                              
 | 
 ||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar 
 | 
  
3.3.
  Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .     
  pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
Materi  
 | 
  
PEWARISAN SIFAT 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
Indikator Soal 
 | 
  
Disajikan bagan
  persilangan F2 dari penotif  Bulat
  Kuning (BbKk). Peserta didik dapat menentukan perbandingan penotif dan
  genotif pada keturunan F2 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
Level Kognitif 
 | 
  
C5 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
 
Tentukan perbandingan fenotipe
  dan genotipe pada tabel keturunan F2 nya! 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||||
KARTU SOAL NOMOR 10 
(URAIAN) 
Mata
  Pelajaran       : IPA                                         
Kelas/Semester     : IX / 1                                                              
 | 
 ||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar 
 | 
  
3.3.
  Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .     
  pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
Materi  
 | 
  
PEWARISAN SIFAT 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
Indikator Soal 
 | 
  
Disajikan
  beberapa pernyataan tentang kelainan dan sifat yang diturunkan. Peserta didik
  dapat mengidentifikasi kelainan. 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
Level Kognitif 
 | 
  
C4 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
Perhatikan data di bawah ini! 
1. buta warna 
2. albino 
3. lidah menggulung 
4. cuping telinga melekat 
5. hemofilia 
Dari pernyaatn di atas yang
  termasuk ke dalam kategori sifat dan kelainan adalah.................. 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||||
Kunci  Pedoman Penskoran
NO 
SOAL 
 | 
  
KUNCI/KRITERIA JAWABAN 
 | 
  
SKOR 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. 
2 
3 
4 
5 
6 
7 
8 
9 
10. 
 | 
  
A 
D 
C 
B 
A 
  | 
  
1 
1 
1 
1 
1 
6 
2 
2 
2 
3 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Keterangan:                                                                                                                                
Soal ini termasuk
soal HOTS karena
1.       ........
2.       ........
3.       ........


0 komentar:
Post a Comment