Home » » ALAT REPRODUKSI LAKI-LAKI DAN BAGIANNYA

ALAT REPRODUKSI LAKI-LAKI DAN BAGIANNYA

Alat kelamin laki-laki berfungsi menghasilkan gamet jantan, yaitu spermatozoon (sperma). Alat kelamin laki-laki dibedakan menjadi alat kelamin dalam dan alat kelamin luar

Alat Kelamin Dalam


Testis
Testis berbentuk bulat telur dan jumlahnya sepasang terdapat dalam skrotum (zakar). Testis merupakan tempat pembentukan sel kelamin jantan (spermatozoa) dan hormone kelamin (testoteron). Pada testis terdapat pembuluh-pembuluh halus yang disebut tubulus seminiferus. Pada dinding tubulus seminiferus terdapat calon-calon sperma (spermatogonium) yang diploid. Diantara tubulus seminiferus terdapat sel-sel intersisial yang menghasilkan hormone kelamin jantan lainya. Selain itu, terdapat pula sel-sel berukuran besar yang berfungsi menyediakan makanan bagi spermatozoa, sel ini disebut sel sertoli.

Saluran reproduksi
Saluran reproduksi terdiri dari dukutus epididimis, yaitu tempat pematangan dan tempat penyimpanan sementara sperma. Selanjutnya, terdapat vasa deferensia yang merupakan suatu saluran untuk mengangkut sperma ke vesika seminalis (kantong sperma). Arah vasa deferensia ini  ke atas, kemudian melingkar dan salah satu ujungnya berakhir pada kelenjar prostat, dan di belakang kandung kemih saluran ini bersatu membentuk duktus ejakulatorius pendek yang berakhir di uretra. Uretra dan duktus ejakulatorius sama-sama berakhir di ujung penis.

Kelenjar kelamin
Saluran kelamin dilengkapi dengan tiga kelenjar yang dapat mengeluarkan getah/ secret/ semen. Kelenjar-kelenjar ini antara lain vesikula seminalis, kelenjar prostat, dan kelenjar bulbouretral (cowper).
Vesikula seminalis
Vesikula seminalis berjumlah sepasang dan teletak di atas dan bawah kandung kemih. Vesikula seminasli menghasilkan 60% dari volume total semen. Cairan dari vesikula seminalis berwarna jernih, kental , mengandung lendir , asam amino dan fruktosa. Cairan ini berfungsi untuk memberi makan  pada sperma. Selain itu vesikula seminalis juga mengeksresikan prostaglandin yang berfungsi membuat otot uterin berkontraksi untuk mendorong semen mencapai uterus.
Kelenjar prostat
Kelenjar prostat berukuran lebih besar dibanding 2 kelenjar lainnya. Cairan yang di hasilkan encer seperti susu dan bersifat alkalis sehingga dapat menyeimbangkan ke asaman residu urin di uretra dan keasaman vagina. Cairan ini langsung bermuara ke uretra lewat beberapa saluran kecil.
Kelenjar bulbouretral/kelenjar cowper
Kelenjar ini kecil, berjumlah sepasang, dan terletak di sepanjang uretra. Cairan kelenjar ini pekat dan disekresikan sebelum penis mengeluarkan sperma dan semen.

Alat Kelamin Luar

Alat kelamin luar berupa penis yang fungsinya sebagai alat kopulasi


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}