Home » » FILOSOFI LEBAH MADU - MOTIVASI DALAM KEHIDUPAN

FILOSOFI LEBAH MADU - MOTIVASI DALAM KEHIDUPAN

Ada yang bisa kita teladani dari sikap lebah dalam kehidupan, diantaranya:


Makanan lebah adalah sari bunga
Dari dulu hingga sekarang, lebah selalu memakan sari bunga yang manis. Hal ini memberikan kita inspirasi untuk selalu memakan makanan yang baik dan jelas kehalalannya. Halal baik substansinya, maupun cara mendapatkannya.

Saat Lebah makan, dia memberi manfaat
Ketika Lebah mengambil sari bunga secara langsung maupun tidak lebah membantu penyerbukan Bunga.
Hal ini memberikan kita inspirasi ketika kita melakukan segala sesuatu baik bekerja ataupun yang lainnya, kita harus sebisa mungkin memberi manfaat kepada sesama.

Tiada yang dihasilkan lebah kecuali madu
Dari bahan yang berharga akan dihasilkan produk yang berharga pula. Begitu juga dengan lebah, tiada yang dihasilkannya kecuali madu. Madu lebah sangat manis dan mengandung manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan pengobatan. Karena kelebihan lebah yang dapat menghasilkan madu inilah, Tuhan sampai mengabadikannya dalam kitab suci.
Hal ini memberikan kita inspirasi untuk tidak menghasilkan sesuatu dalam hidup ini kecuali yang berharga dan penuh manfaat bagi orang banyak.

Sarang Lebah
lebah madu membuat tempat penyimpanan dengan bentuk heksagonal. sebuah bentuk penyimpanan yang efektif dibandungkan dengan bentuk geometris yang lain. lebah menggunakan bentuk yang memungkinkan mereka menyimpan madu dalam jumlah maksimal dengan menggunakan material yang paling sedikit. para ahli matematika merasa kagum ketika mengetahui perhitungan lebah yang sangat cermat.
aspek lain yang mengagumkan adalah cara komunikasi antar lebah yang sulit di percaya. setelah menemukan sumber makanan, lebah pemandu yang di tugaskan untuk mencari bunga untuk pembuatan madu terbang lurus ke sarangnya. ia memberitahukan kepada lebah lebah arah sudut tempat sumber makanan dari sarang mereka dengan sebuah tarian khusus. setelah memperhatikan dengan seksama isyarat gerak dalam tarian tersebut, akhirnya lebah lebah yang lainnya mengetahui posisi sumber makanan tersebut, dan mampu menemukan tanpa kesulitan.
lebah menggunakan cara yang sangat menarik ketika membangun sarang mereka memulai membangun sarang. mereka memulai membangun sel sel tempat penyimpanan madu dari sudut yang berbeda pada akhirnya mereka bertemu di tengah. setelah pekerjaan usai, tidak tampak adanya keserasian ataupun tambal sulam pada sel sel tersebut. manusia tidak mampu membuat perancangan yang sempurna tanpa perhitungan geometri.


Solidaritas Lebah

Ketika Lebah diganggu maka dia dan sekawanan lebah akan menyengat musuhnya dengan resiko kehilangan nyawa, karena dengan menyengat musuhnya itu dia akan membuka racun yg ada didalam tubuhnya, ketika jarum yg lebah gunakan itu tertinggal di musuhnya, racunnya didalam tubuhnya terbuka dan racunnya menyebar didalam tubuhnya, meracuni diri sendiri, lalu mati. Itu artinya dalam kehidupan manusia  satu sama lain saling melindungi. Seperti kita hidup harus bersatu dan saling membantu, agar kokoh dan sejahtera. Berjuang bersama, dan saling melindungi bersama meski kehilangan nyawa. Seperti para pahlawan kita saat mengusir penjajah dan akhirnya Indonesia merdeka. Bersatu kita teguh….


ARTIKEL TERKAIT:

MANFAAT PROPOLIS

MANFAAT POLLEN

MANFAAT MADU

KEISTIMEWAAN LEBAH DALAM AL-QUR'AN

SIKLUS HIDUP LEBAH MADU DAN CARA REPRODUKSINYA


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}