Home » , » HATI-HATILAH DALAM BERKATA (BERUCAP) - KARENA SETIAP UCAPAN ADALAH DOA

HATI-HATILAH DALAM BERKATA (BERUCAP) - KARENA SETIAP UCAPAN ADALAH DOA

Saya ingin berbagi cerita, yang saya rasa setiap orang pasti akan menyadarinya jika apa yang di katakannya menjadi sebuah kenyataan, ini juga yang terjadi dengan apa yang saya ucapkan, setelah apa yang saya ucapkan itu ternyata benar-benar terjadi.
Awalnya sahabat saya menelpon saya, curhat betapa sedihnya dia di mutasi ke tempat yang jauh, baru saja di mutasi ke kota kelahirannya selang 3 minggu di sudah di mutasi lagi. Tiba-tiba dia ngomong “ tolong lah nanti kalau kamu ngomong hati-hati, ini doamu sudah terjawab agar aku di mutasi ke tempat yang paling jauh, ini gara-gara doamu akhirnya aku di mutasi ke tempat yang jauh. Kamu tuh ya jadi anak bikin emosi orang “. Saya di sini jadi orang yang paling di salahkan, saya saat itu benar-benar Cuma bercanda. Awalnya dia di ibu kota, kemudian di mutasi ke kota kelahirannya. Waktu itu saya masih ingat, saya menyambut hangat kedatangannya saat dia di mutasi di kota kelahirannya, saya datang dan memberikan ucapan selamat. Namanya juga sama sobat sendiri pasti kangen makanya bercanda, tapi kita bercanda tuh kaya kucing sama anjing kesannya lagi bertengkar padahal engga, semisal dia jitak kepala saya, trus ngejek cara saya berbicara karena di anggapnya kaya anak kecil, saling dorong-dorong. Tiba-tiba dia pegang saya dan nyubit, dia gemes liat badan aku yang semakin melar. Karena saya kesakitan, saya balas lagi dengan mendorong dan menginjak kakinya. Terus saya Tanya penempatan kerja dimana? Kata dia, sekarang masih belum tentu mungkin di unit tapi gak tau unit yang di daerah mana, lalu aku memotong pembicaraannya “ wah gak jelas donk ya, udah deh semoga kamu di tempatkan di tempat yang paling jauh” aku langsung tertawa dan dia langsung melotot di jitak lagi kepalaku. Padahal saat ngucapin itu, beneran saya gak pernah serius kalo lagi bercanda, saya malah seneng dia disini kan deket kalo mau main. Jika benar itu ucapanku saya merasa menyesal, awalnya saya membantah ketika dia menelpon dan marah aku bilang Cuma takdir aja, kebeneran aja. Itu kejadian kedua yang mungkin dia perhatikan dari ucapanku, dia juga ingat ketika saya sama dia mau ke rumah sobat kami, di jalan aku ngomong “ eh bro. semoga ayam-ayam nya si H ilang semua ya, biar gak ada kotoran ayam lagi” dia malah tertawa dan mengaminin. Maksud saya bilang kaya gitu tujuan nya baik menurut pandangan saya, soalnya teman saya itu jorok luar biasa. Kotoran ayam di biarkan mongering di halaman rumah, di ruangan tamu sampai dimana-mana, bayangkan kalau anda jadi saya?. Padahal meski ngomong kaya gitu juga bukan berarti serius berdoa, karena saya juga kasian kalo mereka rugi ayam-ayamnya ilang. Ternyata pas sampai di rumah si H, ada kejadian buruk 11 ayamnya hilang di ambil maling. Dasar comel sobat ku, dia bilang “ini bu, salah dia”. Saya gak mau ibunya si H tau donk kalo saya pernah ngomong kaya gitu, spontan kakinya saya injak.
Setelah di pikir-pikir benar mungkin uapan adalah doa. Saya meski bercanda nanti kalau ngomong gak mau asal-asalan. Dan  Allah Swt selalu mengajari hamba-hambanya untuk mengatakan hal-hal yang baik. Dalam agama pun memang perkataan yang buruk di larang. Tapi maksud saya Cuma bercanda, tapi sekarang saya juga takut kalau asal nyeloteh. Mungkin memang benar saya yang salah.
Sahabat saya masih kesal, terus dia kirim pesan “ doamu tuh, suka kejadian. Ngomong ke saya juga sering kejadian, doain saya biar hidup bahagia ya” saya benar-benar merasa bersalah, ingat dia di mutasi.
Apa yang lahir dari pikiran, akan menjadi sebuah ucapan, dan setiap ucapan adalah doa. Serem ya kalo begini, berarti kita harus menjaga pikiran dan ucapan kita. Kalo mau ngomong baiknya di pikir dulu, jangan ngomong baru mikir baik apa tidak yang kita ucapkan tadi. Ini juga pelajaran buat saya, Wallahu a'lam bish-shawabi 



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}