Home » » KELAINAN PADA ANAK KESULITAN SAAT MEMBACA DAN MENULIS - DISLEKSIA DAN CIRI-CIRINYA

KELAINAN PADA ANAK KESULITAN SAAT MEMBACA DAN MENULIS - DISLEKSIA DAN CIRI-CIRINYA

saya pernah keheranan dengan salah satu anak yang tidak tahu baca dan tulis, saya yakin ada sesuatu kendala yang membuatnya kesulitan dalam membaca dan menulis. Tapi sebelumnya saya bertanya kepada teman-teman saya, sebagian dari mereka menjawab “dia malas belajar”. Tapi iyakah? Anak kelas 1 SMP tak bisa baca karena malas, perjalanan waktu yang tidak sedikit, belajar selama 6 tahun di SD, jika anak biasa sudah pasti sudah pandai dalam membaca. Suatu ketika saya pernah memanggil anak tersebut karena mendapatkan nilai 0, dan jawabannya ngawur kemudian saya tes lisan. Tak ada satupun yang bisa ia jawab, saya meminjam buku catatannya, tak ada satupun tulisan yang benar dalam catatannya, semua tidak rapih dan terlihat acak-acakan. Maka saya sadar anak tersebut tak bisa menulis, lalu saya tes abjad dari A – Z, anak tersbut tak mampu menyebut ejaan nya. Lalu ketika aku membimbingnya dan bernyanyi hurup abjad, anak tersebut menemukan kendala dalam penyebutan hurup M dan N, M dan N di bacanya tetap M. ketika di ulang keseluruhannya, agar anak tersebut menyebutkan satu persatu, anak tersebut masih kebingungan. Cara berbicaranya pun kadang di ulang dua kali dan agak lama, masih penasaran aku masuk ke perhitungan. 10-5, anak terbut benar-benar tidak bisa menjawab. Lalu jari-jariku aku angkat dan aku praktekan dengan jari-jariku, tapi anak tersebut masih tidak bisa menjawab. Aku bertanya kenapa tidak bisa membaca? Dia hanya tersenyum dan enggan menjwab!.
Hal ini menjadi perhatian yang sangat serius di sekolah dan mendapatkan tanggapan yang serius, masalahnya kelainan pada anak dalam kesulitan membaca baru diketahui ketika ia memasuki usia remaja, tentu penanganannya agak lambat dan akan mengalami kesulitan. Butuh pembelajaran khusus tentunya, kami berusaha menanganinya dengan sungguh-sungguh karena ada rasa tanggung jawab dan rasa kasihan pada anak tersebut.
Kelainan pada anak tersebut di sebut dengan disleksia.
Cirri-cirinya:
Kesulitan untuk mengeja
Tidak bisa membedakan salah satu ejaan
Berbicara yang di ulang-ulang
Tidak bisa menghitung
Dan selalu kebingungan ketika menulis                                                                                             

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}