thumbnail

KKM KELAS V PPKN KURIKULUM 2013

FORMAT PENENTUAN  KRITERIA KETUNTASAN  MINIMAL 
MATA PELAJARAN  PPKn  KELAS VII
SMP NEGERI 4 SODONGHIIR
  KOMPETENSI  INTI  
K 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  
K 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan  
  sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.  
K 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait   
  fenomena dan kejadian tampak mata.  
K 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,  
  menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.  
   
NO KOMPETENSI DASAR INDIKATOR  KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL  KKM 
KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG  INTAKE  INDIKATOR  KD K1
1 4.1 Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara  4.1.1 Menyusun  laporan hasil telaah  proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara  Indonesia merdeka 69 74 69 70,7 75,7 76
4.1.2 Menyajikan hasil telaah penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara. 70 76 79 75,0
4.1.3 Mensimulasikan laporan hasil telaah semangat Komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara. 87 79 69 78,3
4.1.4 Menyajikan praktik kewarganegaraan untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar Negara. 79 79 78 78,7
2 4.2 Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan. 4.2.1 Mengidentifikasi  perilaku dalam mematuhi norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. 79 73 70 74,0 76,7
4.2.2 Membuat poster tentang perilaku yang sesuai dengan norma dalam kehidupan bermasyarakat. 79 76 79 78,0
4.2.3 Menyajikan poster tentang perilaku yang sesuai norma di lingkungan sekolah.   74 77 79 76,7
4.2.4 Mempraktikan Perilaku mentaatai norma dalam lingkungan sekolah  79 76 79 78,0
3 4.3 Menjelaskan Proses Kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang -undang  Dasar Negara Rebublik Indonesia  4.3.1 Memiliki tanggung jawab untuk memahami UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Secara Utuh  78 77 69 74,7 75,4
4.3.2 Meyajikan laporan hasil telaah arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi bangsa dan Negara Indonesia. 76 79 68 74,3
4.3.3 Mempraktikan perilaku kewarganegaraan melalui sosiodrama perwujudan semangat para pendiri Negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 76 86 70 77,3
Mengetahui, Sodonghilir Juli 2017 
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran 
Hj. Suryakania, S.Pd., M.Pd Indra Hadiat Permana, S.Pd 
NIP. 196610301988032008

thumbnail

BUKIT GEDOGAN CUKANGJAYAGUNA - DESTINASI WISATA ALAM DI KABUPATEN TASIKMALAYA




Tasikmalaya merupakan kota kecil yang memiliki tempat - tempat wisata alam yang menakjubkan. Bagi anda yang hobi selfi tentu wajib mengunjungi tempat-tempat menakjubkan di Tasikmalaya. 
Salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan ini terletak di Kabupaten Tasikmalaya tepatnya di Cukangjayaguna Kecamatana Sodonghilir.
Tempat ini menyuguhkan panorama yang sangat indah dan udara yang begitu sejuk. Bagi anda yang suntuk dengan keadaan kota yang bising dan cukup melelahkan cocok ni menjadikan tempat ini untuk relaxasi sejenak. Dijamin pikiran anda akan segar kembali.
Berkunjung kesini bisa juga anda mengajak saudara atau teman-teman anda. Tempat ini juga cocok bagi anda yang ingin melalukan sesi pemotretan untuk preewed bersama orang terkasih. Jangan khawatir soal tiket...
Jika anda berkunjung kesini anda akan mendapatkan keuntungan yang plus-plus tanpa banyak merogoh kocek anda. Murah meriah tapi kepuasaan maksimal.









Yu berlibur ke Tasikmalaya!
Nikmati wisata kuliner dan destinasi wisata alam yang menakjubkan.....!

Selamat berlibur !!!!


thumbnail

MATERI BAHASA INDONESIA KELAS 8 SEMSTER 2 TEKS ULASAN FLM HUJAN DI BULAN JUNI






TEKS ULASAN FLM HUJAN DI BULAN DI BULAN JUNI
A.  IDENTITAS KARYA
JUDUL           = HUJAN DI BULAN JUNI
PEMAIN        = ADIPATI DOLKEN,VELOVE VEKSIA, WIDI DWINANDA,        KOTAROKAKI
        BAIM WONG IRA WIBOWO
SUTRADARA = SESTU SAPUTRA
DURASI        = 1.32.10

B.  ORIENTASI
Hujan Bulan Juni merupakan film Indonesia bergenre drama romantis yang digarap oleh Starvision dan Sinema Imaji selaku pihak produksi film. Mengadaptasi cerita dari novel karya Sapardi Djoko Damono yang berjudul "Hujan Bulan Juni" terbitan tahun 2015, Film ini melibatkan Reni Nurcahyo Hestu Saputra (Air Mata Surga, Perfect Dream) selaku sutradara. Dalam film ini, Sapardi juga ikut ambil bagian dalam penulisan skenario film bersama Titien Wattimena (Negeri Van Oranje, Labuan Hati).
C.  SINOPSIS
flm ini menceritakan tentang drama romantis seorang wanita yang bernama pinkan bersma laki laki yang bernama sarwono, pinkan adalah dosen muda sastra jepang  yang bekerja di universitas indonesia mendapatkan kesempatan belajar ke jepang  sarwono sedih akan ditingglkan pingkan ke jepang, pinkan dipojokan dengan peryataan seputar sarwono  perbedaan antara mereka sangat terliha, namun mereka  terlanjur nyaman satu sama lain. Ketika Sarwono ditugaskan Kaprodinya untuk presentasi kerjasama ke Universitas Sam Ratulangi Manado, ia membawa pingkan sebagai guide-nya selama di Manado. Disana Pingkan bertemu keluarga besar almarhum ayah Sarwono, ia dipojokkan oleh pertanyaan tentang hubunganya dengan Sarwono, perbedaan yang dimata mereka sangat besar. Bukan mereka tidak menyadarinya, hanya saja mereka terlanjur nyaman dengan cinta dan kasih sayang yang mereka rasakan.
D.  ANALISIS/ TAFSIRAN
Flm ini bertema tentang percintaan antara dua insan yang berbeda agama, flm ini juga di perankan  tokoh yang sangat sehingga  penokohan yang ada dalam flm tersebut semuanya berwatak protagonis, amanat yang terkandung dalam flm ini adalah  mencintai dan menyanyangi bukan melihat dari perbedaan agama, agama bukan menjadi penghalang buat saling menyanyangi
Alur yang digunakan dalam flm ini adalah alur maju karena menceritakan sesuai dengan urutan waktu dari mulai perkenalan tokoh hingga peleraian ataupun resolusi  gaya bahasa dalam flm ini banyak hal  penafsiran yang harus di denotatipkan karena b anyak bahasa yang mengandung majas, metapora perdonifikasi dan perumpaaman
E.  EVALUASI
Flm hujan di bulan juni ada beberapa kelemahan   di antaranya alur ceritanya kurang menarik hingga membuat jenuh penonton terlalu di dramatisir
 Adapun kelebihan dari flm ini adalah bahasa yang digunakan sangat bagus karena banyak mengandung makna konotasi sehingga penonton bisa menafsirkan bahasa tersebut selain itu pada adegan dialognyapun sangat menarik cocok diperankan oleh oktornya.
F.  Flm ini bagi saya sangat menarik perhatian karena sepengarang menjadikan puisi ke dalam bentuk karya flm.. alahkah baiknya bukan hanya judul ini yang dijadikan flm tetapi judul yang lainnya juga bisa di jadikan flm



thumbnail

REVIEW FILM DRAMA KOREA - MAMA FAIRY AND THE WOODCUTTER



Awalnya seorang peri dari kayangan bernama ok nam/ seon mandi disebuah air terjun dibumi. Ai terjun ini sangat suci bagi para peri. Tiba- tiba ada seorang pemuda yang mengambil baju bersayapnya. Sementara teman -temannya pulang ke kayangan
Singkat cerita peri seon menikah dengan pemuda itu dan memiliki dua anak. Pemuda itu hanyalah seorang tukang pencari kayu, pada suatu hari naas pemuda itu jatuh dari tebing dan meninggal.
Akhirnya selama 699 tahun peri seon/ok nam bersikeras menunggu suaminya reinkarnasi. Namun peri seon lupa akan wajah dan sosok suaminya itu.
Al kisah diceritakan dari Seoul 2 orang pemuda sedang melakukan perjalanan pulang kampung,namun diperjalanan mereka terseaat dan mampir di cafe peri

Cafe tersebut menyajikan olahan kopi yang sangat nikmat (air mata rusa)
Saat pertama kedua pemuda itu melihat sosok peri seon adalah seorang nenek. 



Singkat cerita salah satu dari pemuda itu Prof Jung datang kembali ke cafe itu dan ikut numpang buang air kecil di kamar mandi peri seon.
Peri seon tak sengaja mendengar suara dari kamar mandi dan teringat akan sosok suaminya yang telah meninggal.

Diceritakan Prof Jung dan Kim Geum ( kedua pemuda) itu pulang ke Seoul.
Peri seon dan Joeng Seol pergi ke Seoul sambil membawa sebuah telur ( reinkarnasi dari putra pertamanya yang bernama Joem Doel)
Peri seon dan kedua anaknya tidur ditengah kota,saat terlelap dan berselimutkan merpati Kim Geum tak sengaja melihat mereka dan membawa mereka pulang kerumah Prof Jung ( 1 rumah dengan Kim Geum)

Peri seon akhirnya memiliki pekerjaan sebagai barista kopi terenak di dekat kampus Prof Jung.

Peri seon ini kadang terlihat muda kadang juga terlihat tua
Sementara anak perempuaanya kadang - kadang berubah menjadi kucing /macan.

Peri seon yakin bahwa Prof Jung lah suami yang selama ini dia cari.

perjalanan panjang mencari seorang suami tak pernah disadari peri seon. Namun Joem Seol merasa lebih dekat dan merasa memiliki seorang ayah ketika dekat dengan Kim Geum.

Peri seon membuat Prof Jung dan Kim Geum jatuh cinta.
Singkat cerita Peri Seon merasa telah salah datang ke Seoul dan yakin bahwa suami yang selama ia cari tidak ada akhirnya ia memutuskan untuk pulang kembali ke Gunung yang dianggap keramat dalam sejarah korea.

Kim Geum merasa terpukul akhirnya ia pun pergi menyusul Peri Seon, karena merasa yakin bahwa Kim Geum adalah suami yang selama ini Peri Seon cari. Karena ada bayang-bayang masa lalu yang mengingatkan Kim Ge saat kepalanya tertimpa kardua di lab.

Singkat cerita Peri Seon pun yakin bahwa Kim Geum lah yang selama ini ia cari.

Prof Jung juga mengajar Peri Seon ke Gunung keramat itu, namun Prof Jung diperjalanan mengalami berbagai peristiwa yang tidak mengenakan,ia diingatkan pada kisah masa lalunya. Bahwa ia pernah bereinlarnasi sebagai rusa dan sebagai Izy dari Mizar ( yang penuh dengan dendam dan kebencian)

Peristiwa membahayakan pun terjadi Prof Jung ( mizar ) merasa Kim Geum adalah sahabatnya  dari kayangan yang teha menghianatinya
Akhirnya Prof Jung membakar air terjun keramat itu
Pertengkaran dan kebencian pun terjadi, kilas balik ke masa lalu Prof Jung diajak melihat lebaikan Kim Geum sebelum reinkarnasi oleh penguasa bintang utara. Prof jung sadar bahwa Kim Geum selama ini adalah sahabat baiknya.

Kebakaran di air terjunpun bisa dipadamkan oleh anak pertama Peri seon (Joem Doel yang telah memetas dari telur menjadi seekor cacing) dan menjelma menjasi naga yang gagah dan dapat memadamkan api.

Akhirnya Peri Seon hidup bahagia dengan Kim Geum dan kedua anaknya.

Sementara Prof Jung pergi melakukan penelitian di Afrika bersama Prof Lee( yang menjadi kekasihnya)

Pelajaran yang dapat dipetik dari film ini adalah " bahwa kebencian dan dendam hanya alan membuat sengsara,merasa paling tidak bahagia dan dapat berbuat jahat"

Sekilas cerita menarik ini bikin kita terhibur,eits jangan salah kitalu  akan dibuatnya tertawa. Cerita lengakp mening nonton langsung biar seru...

Ini nih uniknya darama korea,romantis tapi humoris

Bikin kita berkaca-kaca dan tertawa terbahak-bahak

Cerita yang saya bagi hanya sebagiaannya saja,untuk lebih lengkap anda bisa nonton di VIU

thumbnail

RESEP DAN CARA MUDAH MEMBUAT BOLU UBI KUKUS


Bunsay kali ini saya akan berbagi resep bolu ubi kukus,rasanya yang manis dan legit tentunya enak disuguhkan untuk hidangan bersama keluarga. Nah bagi anda pencinta ubi jangan khawatir cara buatnya amat sangat sederhana dan mudah. Gak repot tapi hasil maksimal,rasa dan tekstur jangan ditanya lagi.

Bahan:
1/4 kg ubi yang sudah dikukus
1/4 tepung terigu
Gula aren 2 blek yang sudah d parud halus
1/2 gelas minyak goreng
1/2 gelas santan kental
2 butir telur

Cara membuat:
Masukan gula dan telur kemudian mixer hingga mengembang
Masukan tepung terigu dan minyak aduk hingga rata
Terahir masukan santan dan mixer kembali.

Masukan adonan ke dalam cetakan lalu kukus 10-15 menit
Jiga ke dalam loyang kukus hingga 30 menit

Nah mudah bukan?
Selamat mencoba!!

thumbnail

SENI GRAFIS CETAK TINGGI - SENBUD KLS IX




Desain grafis dalam seni rupa memang ada macamnya  yang paling populer adalah screen/sablon
Mungkin teknik sablon ini kerap digunakan dalam pembelajaran atau tugas senbud.
Tapi kali ini,seni grafis yang akan saya bahas adalah cetak tinggi.
Membuat stempel mudah dengan berbahan dasar tumbuhan/alam
Tapi yang kita buat dengan tema ragam hias.
Flora (vegetal), animal dan figuratif.
Pertama adalah siapkan media yang akan kita buat stempel.
Disini anda bisa menggunakan ubi, kentang, singkong dan wortel.

Potong bahan tersebut hingga kita mendapatkan bagian yang datar.

Kemudian sketsa pada kertas yang kita biat sebelumnya di salin ke media bahan tersebut

Jika sudah maka gunakanlah kater untuk mulai memahat, agar efek gambar tersebut bisa timbul.


Gunakan pewarna alami/buatan untuk mulai mencetak menggunakan media yang audah kita desain tadi.

Nah mudah bukan? Selamat mencoba

thumbnail

RAGAM HIAS PADA BAHAN KAYU - SENBUD KELAS VII


Ragam hias pada bahan kayu banyak caranya salah sarunya adalah dengan teknik melukis.
Apa saja bahan yang digunakan saat melukis ragam hias pada bahan kayu?

Alat dan bahan:
Kayu ( talenan ) ukuran sesuai yang anda inginkan
Pensil
Penghapus
Koas
Cat
Tiner
Hamplas
Kertas hvs

Cara membuat:
Haluskan kayu dengan hamplas
Kemudian buat sketsa pada kertas,lalu salin sketsa tersebut pada kaya. Atau anda bisa langsung membuat sketsa pada bahan kayu


Jika gambar sudah bagus maka anda tinggal memberi cat agar terlihat cantik


Penggunaan tiner dibutuhka  kika cat yang anda gunakan menggumpal

Contoh ragam hias pada bahan kayu:
FLORA ( VEGETAL)   : tumbuhan

GEOMETRIS


FIGURATIF




thumbnail

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAMBAL TERASI UDANG



Bagi pencinta pedas sambal bukanlah hal yang asing,bahkan mungkin adalah menu wajib dalam setiap hidangan.
Kali ini saya akan mengajak anda membuat sambal terasi yang mantap, sebagian orang menyebutnya adalah sambal godok. Tapi lazimnya ditemlpat saya disebut dengan sambal trasi

Bahan:
Cabai rawit sesuai selera
1 sachet terasi udang
Gula merah secukupnya
4 buah tomat
5 siung bawang merah
Minyak goreng untuk menumis
1/2 gelas air putih


Cara membuat:
Ulek semua bahan,kemudian tumis
Tambahkan 1/2 gelas air putih masak hingga air aga menyusut.

Nah sambal terasi udangnya siap disantap

thumbnail

RESEP DAN CARA MEMBUAT NASI LIWET PULEN IKAN PEDA KHAS SUNDA


Nasi liwet,mmm apa yang terlintas di benak anda saat mendengar nasi liwet? Pasti pikiran anda melayang terbang penuh kenangan dengan sahabat atau keluarga dalam acara pertemuan yang penuh kehangatan namun sambil menyantap nasi liwet yang sederhana tapi enak dan lezat.
Bukan hanya soal makanan tapi juga kebersamaan saat membuat nasi liwet. Orang sunda pasti tiap kumpul - kumpul gak akan ngelewatin menu wajib yang satu ini.

Kali ini saya akan membagikan resep dan cara membuat nasi liwet yang pulen,gurih juga menggoda. Tentunya karena di sajikan langsung dengan ikan peda yang menawan hati.

Bahan:
1 kg beras
5 sdm minyak goreng
5 ekor ikan peda
Irisan bawang merah dan daun bawang
5 lembar daun salam
3 lembar batang sereh ( yang dimemarkan )
Cabe rawit / gendot / domba sesuai selera

Cara membuat:
Cuci beras hingga bersih
Kemudian masukan dalam wajan ( magicom ) /panci pembuatan nasi liwet
Tambahkan air putih hingga ketinggian 1 buku jari
Masukan minyak,garam dan penyedap
Taburkan irisan bawang merah,daun bawang dan cabe
Aduk hingga rata
Masukan daun salam dan sereh
Masak dalam api kecil
Saat nasi liwet sudah setengah matang masukan ikan peda di atas nasi. Tutup kembali dan masak hingga matang

Nah nasi liwet yang gurih,pulen dan lezat siap digidangkan

thumbnail

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VIII SEMSTER 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2018


SILABUS


Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan      : SMP NEGERI 1 SODONGHILIR
Kelas / Semester         : VIII/Genap
Tahun Pelajaran         : 2018/2019


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indokator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Penilaian
3.11 Mengidentifikasi  informasi pada teks  ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.
·    Pengertian teks ulasan
·    Macam-macam teks ulasan berdasar-kan isinya
·    Maksud/ arti penting teks ulasan
·    Kelebihan/ kelemahan dalam teks ulasan.
3.11.1   Menganalisis suatu model teks ulasan.
3.11.2   Menjelaskan tentang pengertian dan macam-macam isi teks ulasan.
3.11.3   Menjelaskan maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan

4.11.1   Menuliskan informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada teks ulasan.
4.11.2   Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.

·         Mengamati suatu model teks ulasan.
·         Berdiskusi tentang pengertian dan macam-macam isi teks ulasan.
·         Mendiskusikan maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan
·         Menuliskan informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada teks ulasan.
·         Membacakan kelebihan produk, karya, benda pada teks ulasan yang diidentifasi
·         24 JP
·      Buku bahasa Indonesia
·      Kamus bahasa Indonesia
·      Internet
·       Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      Unjuk kerja
·      Produk
·      Portofolio
3.12 Menelaah struktur  dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca
4.12  Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
Struktur teks ulasan:
1. orientasi
2. tafsiran                     3. rangkuman
4. evaluasi                     
·    Kaidah kebahasa-an teks ulasan.
·    Cara menulis teks ulasan
   

3.12.1   Menjelaskan struktur, kebahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda.
3.12.2   Menganalisis keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu sebagai bahan menulis teks ulasan.
3.12.3   Menganalisis Kaidah kebahasa-an teks ulasan.
3.12.4   Menjelaskan cara menulis teks ulasan

4.12.1   Menulis teks ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa, dan data produk, karya, atau benda.
4.12.2   Memajang teks ulasan untuk dikomentari peserta didk lain
4.12.3   Membuat tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
·         Mendiskusikan struktur, bahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda.
·         Mendata keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu sebagai bahan menulis teks ulasan.
·         Menulis teks ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa,  dan data produk, karya, atau benda.
·         Memajang teks ulasan untuk dikomentari peserta didk lain (perorangan/kelompok)










3.13 Mengidentifikasi jenis  saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
4.13 Menyimpulkan  isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
·    Pengertian dan is teks persuasi.
·    Ajakan-ajakan dalam teks persuasi.
  Langkah-langkah penyusunan kesimpulan.
3.13.1   Menjelaskan jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya)
3.13.2   Menjelaskan pengertian dan isi teks persuasi
3.13.3   Mengidentifikasi ajakan- ajakan dalam teks persuasi.
3.13.4   Menganalisis langkah- langkah penyusunan kesimpulan

4.13.1   Merumuskan informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks persuasi
4.13.2   Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks Persuasi

·         Mengamati model-model teks persuasi.
·         Berdiskusi tentang informasi pada teks persuasi yang didengarkan/ dibaca dan cara menyajikan ulang isinya
·         Merumuskan informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks persuasi
·         Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi


·         24 JP
·      Buku bahasa Indonesia
·      Kamus bahasa Indonesia
·      Internet
·       Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      Unjuk kerja
·      Produk
·      Portofolio
3. 14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca
4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan
·    Struktur dan unsur kebahasa-an teks persuasi
·    Menggunakaan konjungsi supaya dan selagi (pengayaan)
·    Cara menyajikan teks persuasi
·    Penyiapan bujukan/ ajakan.
·    Memper-hatikan struktur/ kaidah teks ulasan

3.14.1   Menganalisis Struktur dan unsure kebahasa-an teks persuasi
3.14.2   Menjelaskan cara menyajikan teks persuasi
3.14.3   Menjelaskan cara penyiapan bujukan/ ajakan.
3.14.4   Menganalisis struktur/ kaidah teks ulasan
3.14.5   Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll)

4.14.1   Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi
4.14.2   Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan truktur, kebahasaan, atau aspek lisan

·         Mendiskusikan struktur, kebahasaan, dan isi teks persuasi
·         Mendata permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk diberi masukan sebagai bahan menulis teks persuasi
·         Mendiskusikan cara menyusun teks persuasi tentang masalah aktual tertentu dengan memperhatikan gagasan utama, alasan dan bukti, saran, arahan, atau ajakan, serta unsur kebahasaan yang digunakan
·         Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi
·         Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis

3.15 Mengidentifikasi unsur-unsur  drama (tradisional dan moderen) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah.
4.15 Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar

·    Pengertian/karakteris-tik  teks drama
·    Unsur-unsur  teks drama
·    Penjelasan isi drama
·    Tanggapan atas drama
3.15.1   Menjelaskan pengertian/karakteristik teks drama
3.15.2   Menganalisis unsur-unsur teks drama
3.15.3   Mendeskripsikan penjelasan isi drama
3.15.4   Mendeskripsikan tanggapan atas drama

4.15.1   Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar

·         Memperhatikan suatu model teks drama
·         Merumuskan pengertian/karakteristik  drama.
·         Mendiskusikan unsur-unsur dan isi drama
·         Mengidentifikasi isi drama
·         Menanggapi dan melaporkan secara lisan dan atau tulis isi drama yang ditonton

·         18 JP
·      Buku bahasa Indonesia
·      Kamus bahasa Indonesia
·      Internet
·       Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      Unjuk kerja
·      Produk
·      Portofolio
3.16 Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas.
4.16 Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah
·    Karakteris-tik teks drama berdasar-kan struktur dan kaidahnya.
·    Cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal.
·    Langkah-langkah pementas-an drama
3.16.1   Menjelaskan karakteristik teks drama berdasarkan struktur dan kaidahnya.
3.16.2   Menjelaskan cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal.
3.16.3   Menganalisis langkah- langkah pementasan drama

4.16.1   Membuat drama dalam bentuk pentas atau naskah
4.16.2   Menanggapi dan melaporkan secara lisan dan atau tulis isi drama yang ditonton
4.16.3   Menulis teks drama tradisional dan modern

·         Mendiskusikan karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama
·         Mendiskusikan cara menulis teks drama dan penyajiannya
·         Menulis teks drama
·       Mementaskan drama secara berkelompok










3.17 Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

4.17 Membuat peta konsep/ garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
·    Keragaman informasi dalam buku fiksi/ nonfiksi.
·    Informasi buku melalui indeks.
·    Catatan tentang isi buku.
·    Teknik-teknik membaca. 

3.17.1   Menentukan unsur-unsur buku fiksi
3.17.2   Menentukan unsur-unsur buku nonfiksi
3.17.3   Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku
3.17.4   Menganalisis perbedaan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi
3.17.5   Menganalisis Keragaman informasi dalam buku fiksi/ nonfiksi.
3.17.6   Menganalisis Informasi buku melalui indeks.
3.17.7   menganalisis Teknik- teknik membaca.

4.17.1   Membuat peta konsep/ garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.17.2   Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan
4.17.3   Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku 

·         Mendiskusikan informasi dan peta konsep alur dalam buku fiksi dan non fiksi
·         Membuat peta konsep alur dari buku fiksi dan nonfiksi
·         Mempresentasikan informasi peta konsep alur buku fiksi dan nonfiksi

·         12 JP
·      Buku bahasa Indonesia
·      Kamus bahasa Indonesia
·      Internet
·       Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      Unjuk kerja
·      Produk
·      Portofolio
3.18 Menelaah unsur  buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.18 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca  secara lisan/ tertulis
·    Ungkapan dalam buku fiksi.
·    Unsur-unsur menarik dalam buku fiksi.
·    Daya tarik bacaan
·    Mendiskusikan isi buku.

3.18.1   Menganalisis Ungkapan dalam buku fiksi.
3.18.2   Menganalisis Unsur-unsur menarik dalam buku fiksi.
3.18.3   Menelaah unsur buku fiksi yang bisa dikomentari
3.18.4   Menelaah unsur buku nonfiksi yang bisa dikomentari
3.18.5   Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi

4.18.1   Membuat komentar tentang buku fiksi yang dibaca
4.18.2   Membuat komentar tentang buku nonfiksi yang dibaca 
·            Mendiskusikan unsur kebahasaan dalam buku fiksi.
·            Membuat tanggapan terhadap buku fiksi.
·            Menyajikanan tanggapan terhadap buku fiksi.
·            Memberikan  komentar terhadap tanggapan terhadap buku fiksi.









.comment-content a {display: none;}