Home » » RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA BERBASIS HOT ( TEKS TANGGAPAN KELAS IX SEMESTER SATU

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA BERBASIS HOT ( TEKS TANGGAPAN KELAS IX SEMESTER SATU


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:
SMP  Pasundan 1 Kota Bandung
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester
:
IX/ I (Satu)
Materi Pokok
:
Teks Tanggapan
Alokasi Waktu
:
2 Pertemuan (6 X 40 menit)

A.    Kompetensi Inti
KI 3   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4   Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
IPK
3.7
Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca.
3.7.1
Merumuskan pengertian teks tanggapan
3.7.2
Mengidentifikasi kritik dari teks tanggapan yang dibaca
3.7.3
Mengidentifikasi sanggahan dari teks tanggapan yang dibaca
3.7.4
Mengidentifikasi pujian dari teks tanggapan yang dibaca
4.7
Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
4.7.1
Menyimpulkan kritik dari teks tanggapan yang dibaca
4.7.2
Menyimpulkan sanggahan dari teks tanggapan yang dibaca
4.7.3
Menyimpulkan pujian dari teks tanggapan yang dibaca

C.    Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah membaca teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik mampu merumuskan pengertian teks tanggapan dengan benar dan percaya diri.
  2. Setelah mendiskusikan teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik mampu mengidentifikasi kritik dari teks tanggapan yang dibacanya dengan tepat dan bertanggung jawab.
  3. Setelah mendiskusikan teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik mampu mengidentifikasi sanggahan dari teks tanggapan yang dibaca dengan benar dan percaya diri.
  4. Setelah mendiskusikan teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik mampu mengidentifikasi pujian dari teks tanggapan yang dibaca dengan benar dan percaya diri.
  5. Setelah mendiskusikan teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik mampu menyimpulkan kritik dari teks tanggapan yang dibaca dengan benar dan percaya diri.
  6. Setelah mendiskusikan teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik mampu menyimpulkan sanggahan dari teks tanggapan yang dibaca dengan benar dan jujur.
  7. Setelah mendiskusikan teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik mampu menyimpulkan pujian dari teks tanggapan yang dibaca dengan benar dan percaya diri.




D.    Materi Pembelajaran
  1. Materi Reguler
a.       Materi Fakta
Contoh teks tanggapan
b.      Materi Konsep
1)      Pengertian teks tanggapan
2)      Ciri kritik dalam teks tanggapan
3)      Ciri sanggahan dalam teks tanggapan
4)      Ciri pujian dalam teks tanggapan
c.       Materi Prinsip
1)      Teks tanggapan yang ideal
2)      Kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dalam teks tanggapan
d.      Materi Prosedur
1)      Cara menentukan kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dalam teks tanggapan
2)      Cara menyimpulkan teks tanggapan
e.       Materi Metakognitif
Metode yang dapat digunakan untuk memberi tanggapan terhadap fenomena lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya.
  1. Materi Remedial
Ciri tanggapan kritik dalam teks tanggapan
  1. Materi Pengayaan
a.       Tujuan penulisan teks tanggapan
b.      Manfaat penulisan teks tanggapan

E.     Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan     : Saintifik
  2. Model              : Discovery Learning
  3. Metode            : Diskusi
  4. Teknik             : Balon Kalimat


F.     Media Pembelajaran
  1. Media              :
a.       Media pembelajaran ‘Balon Kalimat’.
b.      Teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”.
c.       Salindia yang berisi puisi  berkaitan dengan teks tanggapan.
  1. Alat                 :
a.       Laptop
b.      Proyektor
c.       Papan tulis
d.      Spidol
  1. Bahan              :
a.       Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
b.      Lembar observasi peserta didik
c.       Lembar penilaian
d.      Soal prates dan pascates

G.    Sumber Pembelajaran
Trianto, Agus. 2018. Bahasa Indonesia: Kelas IX SMP/MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Wahono. 2017. Mahir Berbahasa Indonesia: untuk SMP/ MTs Kelas IX. Jakarta: Erlangga.

H.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Tahap
Sintak Pembelajaran
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Nilai Karakter
(PPK), Literasi,
4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan
Pendahuluan

Orientasi

Religius





Jujur




Tanggung Jawab
15 Menit
1.      Peserta didik menjawab salam yang diucapkan pendidik dan berdoa  untuk memulai pembelajaran
2.      Peserta didik melaporkan ketidakhadiran temannya sebagai sikap disiplin
3.      Peserta didik menyiapkan fisik dan psikis untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
Motivasi

Tanggung Jawab










4.      Peserta didik menerima penjelasan atau gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Apersepsi












Rasa ingin tahu
6.      Peserta didik dibantu pendidik mengaitkan materi/ tema/ kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/ tema/ kegiatan sebelumnya yaitu mengenai teks cerita pendek.
7.      Peserta didik mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Pemberian Acuan

Rasa ingin tahu
8.      Peserta didik menyimak kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
9.      Peserta didik berkelompok secara heterogen. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang.
10.  Peserta didik menyimak penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan model discovery learning teknik Balon Kalimat
11.  Peserta didik mengerjakan soal-soal prates yang disediakan pendidik.
Kegiatan
Inti

Stimulus
(Pemberian
rangsangan)











Problem
statemen

(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
























Data
collection
(pengumpulan
data)











Data
processing
(pengolahan
Data)














Verification (pembuktian)
























Generalization (menarik kesimpulan)

Literasi





Berpikir kritis









Berpikir kritis








Rasa ingin tahu










Rasa ingin tahu












Kerja sama (collaborations)













Berpikir kritis


















Percaya diri











Berpikir kritis











Communication (Berkomunikasi)







Kreativitas
90
Menit
1.      Peserta didik membaca puisi yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.      Peserta didik disilakan untuk memberikan tanggapan atas puisi yang dibacanya.
Mengamati
3.      Peserta didik membaca teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”.
Menanya
4.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang tidak dipahami dari teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung” untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik). Pertanyaan yang dihimpun akan dijawab melalui kegiatan belajar.
5.      Peserta didik menuliskan pertanyaan mengenai kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dari teks tanggapan yang dibacanya.
Mengumpulkan Informasi
6.      Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan yang telah ditulisnya dengan melaksanakan teknik ‘Balon Kalimat’ dan dari berbagai sumber.
7.      Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi pengertian dan contoh tanggapan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada pendidik.
Mengasosiasi
8.      Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah informasi dari materi pengertian dan contoh tanggapan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/ sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusunnya.
9.      Peserta didik memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
  1. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal yang dipresentasikan adalah pengertian, ciri kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dalam teks tanggapan.
  2. Peserta didik mengolah hasil diskusi kelas dalam membuktikan tentang pengertian, ciri kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dalam teks tanggapan.
10.  Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Mengomunikasikan
11.  Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui kegiatan:
  1. Peserta didik menyampaikan simpulannya mengenai kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dalam teks tanggapan sebagai hasil diskusi kelas.
  2. Peserta didik membuat resume tentang bagaimana teks tanggapan yang ideal.
12.  Peserta didik mengerjakan soal-soal pascates yang disediakan pendidik secara individu untuk mengecek penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran.
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, pendidik mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: religius, percaya diri, santun, rasa ingin tahu, berpikir kritis, kerja sama, dan kreatif.
Kegiatan Penutup

1.      Peserta didik menyerahkan jawaban soal pascates mereka kepada pendidik.
2.      Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas.
3.      Peserta didik yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik menerima penghargaan untuk meningkatkan motivasi mereka dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya.
4.      Peserta didik (bila perlu) bersama pendidik mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran yang telah dilaksanakan.
5.      Peserta didik bersama pendidik berdoa untuk menutup pembelajaran.
6.      Peserta didik menjawab salam penutup yang diucapkan pendidik.

15
Menit

Pertemuan Kedua
Tahap
Sintak Pembelajaran
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Nilai Karakter
(PPK), Literasi,
4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan
Pendahuluan

Orientasi

Religius



Disiplin





Percaya diri
15 Menit
1.      Peserta didik menjawab salam yang diucapkan pendidik dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
2.      Peserta didik melaporkan ketidakhadiran temannya sebagai sikap disiplin
3.      Peserta didik menyiapkan fisik dan psikis untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
Motivasi

Literasi



4.      Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
5.      Peserta didik membaca teks puisi yang berkaitan dengan materi pembelajaran
Apersepsi
















Rasa ingin tahu
6.      Peserta didik dibantu pendidik mengaitkan materi/ tema/ kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/ tema/ kegiatan sebelumnya yaitu mengenai cara mengidentifikasi kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dari teks tanggapan yang dibacanya.
7.      Peserta didik mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Pemberian Acuan

Rasa ingin tahu
8.      Peserta didik menyimak ulasan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
9.      Peserta didik menyimak kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
10.  Peserta didik kembali pada kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.
11.  Peserta didik menyimak penjelasan mengenai ruang lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini.
12.  Peserta didik mengerjakan soal-soal prates yang disediakan pendidik.
Kegiatan
Inti

Stimulus
(Pemberian
rangsangan)










Problem
statemen

(pertanyaan/
identifikasi
masalah)













Data
collection
(pengumpulan
data)











Data
processing
(pengolahan
Data)
























Verification (pembuktian)
































Generalization (menarik kesimpulan)

Mengamati

Literasi


Literasi



Literasi





Berpikir kritis

















Literasi






Rasa ingin tahu







Rasa ingin tahu




Kerja sama (collaborations)















Berpikir kritis













Santun









Percaya diri






Berpikir kritis








Communication (Berkomunikasi)









Kreativitas
90
Menit
1.      Peserta didik menyimak tayangan video tentang teks tanggapan
2.      Peserta didik membaca puisi yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas
3.      Peserta didik kembali membaca teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”
Menanya
4.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang tidak dipahami mengenai cara menyimpulkan teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”.
5.      Peserta didik menuliskan pertanyaan mengenai cara menyimpulkan teks tanggapan yang dibacanya.
Mengumpulkan Informasi
6.      Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan yang telah ditulisnya dari berbagai sumber. Misalnya internet, membaca buku, dan lain-lain.
7.      Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi menyimpulkan teks  tanggapan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada pendidik.
Mengasosiasi
8.      Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
  1. Mengolah informasi dari materi menyimpulkan teks tanggapan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/ sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusunnya.
  2. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi menyimpulkan teks tanggapan.
9.      Peserta didik mendiskusikan hasil temuannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
  1. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal yang dipresentasikan adalah cara menyimpulkan teks tanggapan.
  2. Peserta didik mengolah hasil diskusi kelas dalam membuktikan tentang cara menyimpulkan teks tanggapan.
10.  Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Mengomunikasikan
11.  Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui kegiatan:
  1. Peserta didik menyampaikan simpulannya mengenai cara menyimpulkan teks tanggapan sebagai hasil diskusi kelas.
  2. Peserta didik membuat resume tentang bagaimana teks tanggapan yang ideal.
12.  Peserta didik mengerjakan soal-soal pascates yang disediakan pendidik secara individu untuk mengecek penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran.
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, pendidik mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: religius, disiplin, percaya diri, santun, rasa ingin tahu, berpikir kritis, kerja sama, dan kreatif.
Kegiatan Penutup

1.      Peserta didik menyerahkan jawaban soal pascates kepada pendidik.
2.      Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/ produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas.
3.      Peserta didik yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik menerima penghargaan untuk meningkatkan motivasi mereka dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya.
4.      Peserta didik (bila perlu) bersama pendidik mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran yang telah dilaksanakan.
5.      Peserta didik bersama pendidik berdoa untuk menutup pembelajaran.
6.      Peserta didik menjawab salam penutup yang diucapkan pendidik.

15
Menit

I.       Penilaian Hasil Pembelajaran
  1. Teknik Penilaian
a.      Penilaian Sikap                  : Nontes
b.      Penilaian Pengetahuan      : Tes
c.       Penilaian Keterampilan     : Tes

2.      Bentuk Penilaian
a.      Penilaian Sikap                   :
1)      Penilaian diri
2)      Wawancara
3)      Observasi/ pengamatan
b.      Penilaian Pengetahuan       : Tes tertulis (soal pilihan ganda)
c.       Penilaian Keterampilan      : Tes uraian dan Unjuk Kerja/ Presentasi
d.      Penilaian Remedial dan Pengayaan :     
1)      Remedial
Pembelajaran remedial diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peserta didik diminta berkelompok untuk mendiskusikan materi yang belum dikuasainya.
2)      Pengayaan
Pembelajaran pengayaan diberikan kepada diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peserta didik diminta berkelompok untuk mendiskusikan materi tujuan penulisan teks tanggapan dan manfaat penulisan teks tanggapan

3.      Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Sikap
Kisi-kisi penilaian sikap

No.
Kompetensi Dasar
Butir Nilai Sikap
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
1.
3.7    Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca.
Religius
Tanggung jawab
Jujur
Observasi
Lembar Pengamatan
2.
4.7     Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
Religius
Kerja sama
Percaya diri
Observasi
Lembar Pengamatan





b.      Penilaian Pengetahuan
Kisi-kisi penilaian pengetahuan KD 3.7
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Level Kognitif
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Nomor Soal
1.
3.7  Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca.
1.      Pengertian teks laporan tanggapan
2.      Ciri kritik dalam teks tanggapan
3.      Ciri sanggahan dalam teks tanggapan
4.      Ciri pujian dalam teks tanggapan
Disajikan beberapa pilihan untuk memilih jawaban paling tepat mengenai pengertian teks tanggapan
C1
Tes Tertulis
Pilihan Ganda
1
C2
2
C3
3
Disajikan kutipan teks tanggapan untuk mengidentifikasi ciri kritik dalam teks tanggapan.
C2
4
C5
5
Disajikan kutipan teks tanggapan untuk mengidentifikasi ciri sanggahan dalam teks tanggapan.
C2
6
C2
7
C4
8
C4
9



Disajikan kutipan teks tanggapan untuk mengidentifikasi ciri pujian dalam teks tanggapan.
C4


10

c.    Penilaian Keterampilan
Kisi-kisi penilaian KD 4.7
No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Level Kognitif
No. Soal
Teknik
Bentuk Soal
1.
4.7  Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
1. Langkah-langkah menyimpulkan kritik pada teks tanggapan
Disajikan teks tanggapan
1.     Menyimpulkan kritik pada teks tanggapan
C4
C4


1
2

Tes tertulis
Uraian



2. Langkah-langkah menyimpulkan sanggahan pada teks tanggapan.
Disajikan teks tanggapan.
1.      Menyimpulkan sanggahan pada teks tanggapan

C4
C5

3
4


Uraian
3. Langkah-langkah menyimpulkan pujian pada teks tanggapan
Disajikan teks tanggapan.
1.      Menyimpulkan pujian pada teks tanggapan

C6

5


Uraian

d.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1)      Kisi-kisi Penilaian Pembelajaran Remedial
No.
Nama Siswa
Kelas
Rencana tindak lanjut
Waktu
Nilai
Ket
UH 1
R1
R2
1


Belajar
Kelompok
Materi :

Ciri tanggapan kritik dalam teks tanggapan






2





3












2)      Kisi-kisi Pembelajaran Pengayaan

No.
Nama Siswa
Kelas
Rencana tindak lanjut
Waktu
Nilai
Ket
1


Belajar
Kelompok
Materi:
Tujuan penulisan teks tanggapan dan manfaat penulisan teks tanggapan



2



3









Diketahui
Kepala
Manonjaya, Oktober 2019
Pendidik Pengampu Mapel,



..........................



...............................................




/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}