Home » » SILABUS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX SEMESTER SATU DENGAN KD MENGIDENTIFIKASI INFORMASI BERUPA KRITIK, SANGGAHAN ATAU PUJIAN DARI TEKS TANGGAPAN

SILABUS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX SEMESTER SATU DENGAN KD MENGIDENTIFIKASI INFORMASI BERUPA KRITIK, SANGGAHAN ATAU PUJIAN DARI TEKS TANGGAPAN

SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan
:
SMP PASUNDAN 1 KOTA BANDUNG 
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester
:
IX/ I (Satu)
Kompetensi Inti
:


KI 1                     :     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2                     :     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3                     :     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4                     :     Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

Kompetensi Dasar
IPK
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca.
3.7.1   Merumuskan pengertian teks tanggapan
3.7.2   Mengidentifikasi kritik dari teks tanggapan yang dibaca
3.7.3   Mengidentifikasi sanggahan dari teks tanggapan yang dibaca
3.7.4   Mengidentifikasi pujian dari teks tanggapan yang dibaca
1.       Pengertian teks tanggapan
2.       Kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dalam teks tanggapan

Literasi
1.       Peserta didik membaca puisi yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.       Peserta didik disilakan untuk memberikan tanggapan atas puisi yang dibacanya.
Mengamati
3.       Peserta didik membaca teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”.
Menanya
4.       Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang tidak dipahami dari teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung” untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik). Pertanyaan yang dihimpun akan dijawab melalui kegiatan belajar.
5.       Peserta didik menuliskan pertanyaan mengenai kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dari teks tanggapan yang dibacanya.
Mengumpulkan Informasi
6.       Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan yang telah ditulisnya dengan melaksanakan teknik ‘Balon Kalimat’ dan dari berbagai sumber.
7.       Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi pengertian dan contoh tanggapan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada pendidik.
Mengasosiasi
8.       Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah informasi dari materi pengertian dan contoh tanggapan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/ sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusunnya.
9.       Peserta didik memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
a.       Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal yang dipresentasikan adalah pengertian, ciri kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dalam teks tanggapan.
b.       Peserta didik mengolah hasil diskusi kelas dalam membuktikan tentang pengertian, ciri kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dalam teks tanggapan.
10.    Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Mengomunikasikan
11.    Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui kegiatan:
a.       Peserta didik menyampaikan simpulannya mengenai kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dalam teks tanggapan sebagai hasil diskusi kelas.
b.       Peserta didik membuat resume tentang bagaimana teks tanggapan yang ideal.
12.    Peserta didik mengerjakan soal-soal pascates yang disediakan pendidik secara individu untuk mengecek penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran.


1.       Penilaian Sikap:
Penilaian nontes berupa penilaian observasi sikap.
2.       Penilaian pengetahuan:
Penilaian tes berupa soal pilihan ganda.
3.       Penilaian keterampilan:
Penilaian tes berupa soal uraian dan nontes berupa presentasi
3 X 40 menit
1.   Teks tanggapan
2.   Trianto, Agus. 2018. Bahasa Indonesia: Kelas IX SMP/MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3.   Wahono. 2017. Mahir Berbahasa Indonesia: untuk SMP/ MTs Kelas IX. Jakarta: Erlangga.
4.7 Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
4.7.1  Menyimpulkan kritik dari teks tanggapan yang dibaca
4.7.2  Menyimpulkan sanggahan dari teks tanggapan yang dibaca
4.7.3  Menyimpulkan pujian dari teks tanggapan yang dibaca

1.       Cara menyimpulkan kritik, sanggahan, dan pujian dalam teks tanggapan
Mengamati
1.       Peserta didik menyimak tayangan video tentang teks tanggapan
2.       Peserta didik membaca puisi yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas
3.       Peserta didik kembali membaca teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”
Menanya
4.       Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang tidak dipahami mengenai cara menyimpulkan teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”.
5.       Peserta didik menuliskan pertanyaan mengenai cara menyimpulkan teks tanggapan yang dibacanya.
Mengumpulkan Informasi
6.       Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan yang telah ditulisnya dari berbagai sumber. Misalnya internet, membaca buku, dan lain-lain.
7.       Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi menyimpulkan teks  tanggapan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada pendidik.
Mengasosiasi
8.       Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
a.       Mengolah informasi dari materi menyimpulkan teks tanggapan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/ sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusunnya.
b.       Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi menyimpulkan teks tanggapan.
9.       Peserta didik mendiskusikan hasil temuannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
a.       Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal yang dipresentasikan adalah cara menyimpulkan teks tanggapan.
b.       Peserta didik mengolah hasil diskusi kelas dalam membuktikan tentang cara menyimpulkan teks tanggapan.
10.    Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Mengomunikasikan
11.    Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui kegiatan:
a.       Peserta didik menyampaikan simpulannya mengenai cara menyimpulkan teks tanggapan sebagai hasil diskusi kelas.
b.       Peserta didik membuat resume tentang bagaimana teks tanggapan yang ideal.
12.    Peserta didik mengerjakan soal-soal pascates yang disediakan pendidik secara individu untuk mengecek penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran.
1.       Penilaian Sikap:
Penilaian nontes berupa penilaian diri, teman sebaya, wawancara, dan observasi sikap.
2.       Penilaian pengetahuan:
Penilaian tes berupa soal uraian.
3.       Penilaian keterampilan:
Penilaian nontes berupa presentasi
3 X 40 menit
1.   Teks tanggapan
2.   Trianto, Agus. 2018. Bahasa Indonesia: Kelas IX SMP/MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3.   Wahono. 2017. Mahir Berbahasa Indonesia: untuk SMP/ MTs Kelas IX. Jakarta: Erlangga.

Diketahui
Kepala SMP IT AL-FAQIH,
Manonjaya, September 2019
Pendidik Pengampu Mapel,




Maulana Mastur, S. Kom.
NIP. 196110271988031007





Yana Suryana, S.Pd.



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}