thumbnail

RPP BAHASA INDONESIA KLS VII KEGIATAN A KURIKULUM 2013 SEMESTER 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMP NEGERI 1 SODONGHILIR
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Tema                           : Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
Kelas/Semester           : VII/Genap
Tahun Pelajaran         : 2017 / 2018
Alokasi Waktu                        : 6 JP ( 3Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
1.      Menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.9      Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
3.10 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
3.9.1        menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
3.9.2        Membandingkan persamaan dan perbedaan  struktur  pantun, syair, dan gurindam pada teks yang dibaca/didengar.
3.9.3        Mendaftar kata/ kalimat yang digunakan  pada  puisi rakyat pada teks yang dibaca/didengar.
3.10.1     Menyimpulkan variasi  pola pengembangan isi pantun
3.10.2    menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada  pantun
3.10.3    melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya
3.10.4    memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun.
3.10.5    memperbaiki kesalahan dari segi isi,  syarat pantun,  penggunaan kata/kalimat
3.10.6    mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa
4.9      Menyimpulkan isi puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat)
yang
4.10  Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi  rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa 

4.9.1        Menyimpulkan isi pantun
4.9.2        Menyimpulkan isi syair
4.9.3        Menyimpulkan isi gurindam
4.10.1    menulis puisi rakyat  dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah  puisi rakyat (pantun)
4.10.2    menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi
4.10.3    menyajikan pantun dalam bentuk berbalas pantun

C.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.         Membandingkan persamaan dan perbedaan  struktur  pantun, syair, dan gurindam pada teks yang dibaca/didengar.
2.         Mendaftar kata/ kalimat yang digunakan  pada  puisi rakyat pada teks yang dibaca/didengar.
Pertemuan Kedua
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.         menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada  pantun
2.         melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya
Pertemuan Ketiga
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.         memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun

Fokus nilai-nilai sikap
1.      Peduli
2.      Jujur berkarya
3.      Tanggung jawab
4.      Toleran
5.      Kerjasama
6.      Proaktif
7.      kreatif

D.     Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran regular
a.      Fakta
Ø Gurindam, Syair dan Pantun
b.      Konsep
Ø Pengertian puisi rakyat
c.       Prinsip
Ø Struktur puisi rakyat
d.      Prosedur
Ø Menyusun puisi rakyat
2.      Materi pembelajaran remedial
a.       Menemukan kata berima sama secara utuh
3.      Materi pembelajaran pengayaan
a.         Menemukan kata berima akhir sebagian
b.         Mengenal dan Memahami Pantun
c.         Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam

E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                  :  Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

F.      Media Pembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop,
3.      Bahan Tayang

G.    Sumber Belajar
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Modul/bahan ajar,
4.      Internet,
5.      Sumber lain yang relevan

H.     Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
b.      Menulis Teks Laporan Hasil Observasi
c.       Menentukan Informasi yang Diperlukan dan Cara Mencari Informasi
d.      Menata Informasi yang Diperoleh Sesuai Struktur  Teks Hasil Observasi
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
e.       Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
·          Mengenal dan Memahami Pantun
o    Membaca  Puisi Rakyat
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v  Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini berupa:
©  Penilaian Kompetensi Spiritual
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Sosial
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§  Tes Tertulis
-          Pilihan ganda
-          Uraian/esai
§  Tes Lisan
©  Penilaian Kompetensi Keterampilan
§  Proyek, pengamatan, wawancara
§  Portofolio / unjuk kerja
§  Produk, hasil karya
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
f.        Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
g.      Mengenal dan Memahami Pantun
h.      Membaca  Puisi Rakyat
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto berikut ini
v  Mengamati
Mempelajari buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok tentang
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan ;
i.        Peserta didik diminta untuk membaca secara berantai pantun warisan nenk moyang kita dengan menggunakan irama lagu rasa sayange
j.        Peserta didik diminta untuk membaca puisi rakyat
k.       Peserta didik diminta untuk membaca Pantun yang ada pada halaman165
l.        Peserta didik diminta untuk membaca gurindam yang ada pada halaman 166
m.     Peserta didik diminta untuk membaca syair tentang syair perahu yang ada pada halaman 166
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
n.      Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
o.      Mengenal dan Memahami Pantun
p.      Membaca  Puisi Rakyat
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
q.       
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
r.       Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
s.       Mengenal dan Memahami Pantun
t.        Membaca  Puisi Rakyat
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
u.      Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
v.       Mengenal dan Memahami Pantun
w.     Puisi Rakyat
v  Mempraktekan
v  Aktivitas
v  Saling tukar informasi tentang  :
x.       Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
y.       Mengenal dan Memahami Pantun
z.       Puisi Rakyat
v  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
v  Mendiskusikan
Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai:
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1)      Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
2)      Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya
3)      Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
4)      Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
5)      Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
6)      Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
7)      Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
aa.  Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
bb.  Mengenal dan Memahami Pantun
cc.   Puisi Rakyat
8)      Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
9)      Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
10)  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan,tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
dd.  Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
ee.   Mengenal dan Memahami Pantun
ff.      Puisi Rakyat
11)  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
gg.  Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
hh.  Mengenal dan Memahami Pantun
ii.      Puisi Rakyat
antara lain dengan :
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·         Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·         Mengagendakan pekerjaan rumah.
·         Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
·         Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·         Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
jj.      Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
kk.   Mengenal dan Memahami Pantun
ll.      Membaca  Puisi Rakyat
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
mm.           Mengenal dan Memahami Pantun
·         Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan Pantun
·         Menemukan kata berima sama secara utuh
·         Menemukan kata berima akhir sebagian
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v  Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini berupa:
©  Penilaian Kompetensi Spiritual
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Sosial
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§  Tes Tertulis
-          Pilihan ganda
-          Uraian/esai
§  Tes Lisan
©  Penilaian Kompetensi Keterampilan
§  Proyek, pengamatan, wawancara
§  Portofolio / unjuk kerja
§  Produk, hasil karya

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
nn.  Mengenal dan Memahami Pantun
·         Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan Pantun
·         Menemukan kata berima sama secara utuh
·         Menemukan kata berima akhir sebagian
oo.   
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto berikut ini
v  Mengamati
Mempelajari buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo/materi tentang
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
pp.  Mengenal dan Memahami Pantun
qq.  Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan Pantun
rr.    Menemukan kata berima sama secara utuh
ss.    Menemukan kata berima akhir sebagian
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
tt.      Mengenal dan Memahami Pantun
uu.  Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan Pantun
vv.   Menemukan kata berima sama secara utuh
ww.Menemukan kata berima akhir sebagian
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
xx.   Mengenal dan Memahami Pantun
yy.   Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan Pantun
zz.    Menemukan kata berima sama secara utuh
aaa.                      Menemukan kata berima akhir sebagian
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
bbb.                      Mengenal dan Memahami Pantun
ccc.                        Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan Pantun
ddd.                      Menemukan kata berima sama secara utuh
eee.                        Menemukan kata berima akhir sebagian
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
fff.    Mengenal dan Memahami Pantun
ggg.                      Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan Pantun
hhh.                      Menemukan kata berima sama secara utuh
iii.    Menemukan kata berima akhir sebagian
v  Mempraktekan
v  Aktivitas
v  Saling tukar informasi tentang  :
jjj.    Mengenal dan Memahami Pantun
kkk.                        Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan Pantun
lll.    Menemukan kata berima sama secara utuh
mmm.                  Menemukan kata berima akhir sebagian
v  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
v  Mendiskusikan
Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
12)  Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
13)  Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya
14)  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
15)  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
16)  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
17)  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
18)  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
nnn.                      Mengenal dan Memahami Pantun
ooo.                      Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan Pantun
ppp.                      Menemukan kata berima sama secara utuh
qqq.                      Menemukan kata berima akhir sebagian
19)  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
20)  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
21)  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
rrr. Mengenal dan Memahami Pantun
sss. Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan Pantun
ttt.    Menemukan kata berima sama secara utuh
uuu.                      Menemukan kata berima akhir sebagian
22)  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
vvv.                        Mengenal dan Memahami Pantun
www.                   Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan Pantun
xxx.                        Menemukan kata berima sama secara utuh
yyy.                        Menemukan kata berima akhir sebagian
antara lain dengan :
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·         Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·         Mengagendakan pekerjaan rumah.
·         Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
·         Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·         Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
zzz. Mengenal dan Memahami Pantun
·         Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan Pantun
·         Menemukan kata berima sama secara utuh
·         Menemukan kata berima akhir sebagian
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
aaaa.      Mengenal dan Memahami Pantun
·         Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam
·         Menyimpulkan Ciri Pantun, Syair, dan Gurindam
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v  Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini berupa:
©  Penilaian Kompetensi Spiritual
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Sosial
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§  Tes Tertulis
-          Pilihan ganda
-          Uraian/esai
§  Tes Lisan
©  Penilaian Kompetensi Keterampilan
§  Proyek, pengamatan, wawancara
§  Portofolio / unjuk kerja
§  Produk, hasil karya

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
bbbb.                  Mengenal dan Memahami Pantun
cccc.                    Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam
dddd.                  Menyimpulkan Ciri Pantun, Syair, dan Gurindam
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto berikut ini
v  Mengamati
Mempelajari buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok tentang
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan ;
eeee.                    Mengenal dan Memahami Pantun
ffff.  Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam
gggg.                  Menyimpulkan Ciri Pantun, Syair, dan Gurindam
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
hhhh.                  Mengenal dan Memahami Pantun
iiii.  Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam
jjjj.  Menyimpulkan Ciri Pantun, Syair, dan Gurindam
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
kkkk.                    Mengenal dan Memahami Pantun
llll.  Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam
mmmm.            Menyimpulkan Ciri Pantun, Syair, dan Gurindam
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
nnnn.                  Mengenal dan Memahami Pantun
oooo.                  Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam
pppp.                  Menyimpulkan Ciri Pantun, Syair, dan Gurindam
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
qqqq.                   
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
rrrr.                      Peserta didik dimintas untuk membaca kembali beberapa puisi rakyat pada halaman 165 s/d 166
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
ssss.                      Mengenal dan Memahami Pantun
tttt.  Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam
uuuu.                  Menyimpulkan Ciri Pantun, Syair, dan Gurindam
v  Mempraktekan
v  Aktivitas
vvvv.                    Peserta didik diminta untuk menyimpulkan ciri ketiga puisi rakyat
wwww.              Peserta didik diminta untuk menyimpulkan ciri-ciri pantun, gurindam dan syair
v  Saling tukar informasi tentang  :
xxxx.                    Mengenal dan Memahami Pantun
yyyy.                    Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam
zzzz.                      Menyimpulkan Ciri Pantun, Syair, dan Gurindam
v  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
v  Mendiskusikan
Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
aaaaa.              Peserta didik dimuinta untuk mendiskusikan ciri-ciri pantun, gurindam dan syair
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
23)  Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
24)  Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya
25)  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
26)  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
27)  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
28)  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
29)  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
bbbbb.              Mengenal dan Memahami Pantun
ccccc.                 Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam
ddddd.              Menyimpulkan Ciri Pantun, Syair, dan Gurindam
30)  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
31)  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
32)  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
33)  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
eeeee.                 Mengenal dan Memahami Pantun
fffff.Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam
ggggg.              Menyimpulkan Ciri Pantun, Syair, dan Gurindam
antara lain dengan :
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·         Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·         Mengagendakan pekerjaan rumah.
·         Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
·         Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·         Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.       Sikap (Spiritualdan Sosial)
1)    Observasi (jurnal)
2)    Penilaian diri
3)    Penilaian antarteman

b.      Pengetahuan
1.     Ter tertulis

c.       Keterampilan
1)      Kinerja

2.      Instrumen Penilaian
a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
1)      Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2)      Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø  Menemukan kata berima sama secara utuh
b.      Pengayaan
1)      Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)      Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3)      Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø  Menemukan kata berima akhir sebagian
Ø  Mengenal dan Memahami Pantun
Ø  Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam



Sodonghilir ,  2 januari 2018


Mengetahui
Kepala SMPN/S                                                   Guru Mata Pelajaran




……………………………………                       …………………………………….
NIP/NRK.                                                            NIP/NRK.



thumbnail

RESEP LEZAT OLAHAN BUNCIS (TUMIS BUNCIS TEMPE ASAM PEDAS)


Hai buntik selamat sore,kali ini saya akan berbagi resep masakan yang paling enak. Nah bagi anda pencinta aneka masakan buncis anda sudah tepat mendarat disini.
Kali ini olahan buncis aya saya masak dikolaborasi dengan tempe, kebayang donk rasanya pasti enak banget apalagi kalo dibikinnya super pedas,bikin merem melek lidah gak mau berhenti goyang
Anda ja gan khawatir dengan bahan ya g sederhana dan  cara membuat yang begitu mudah siapapun bisa memasak termasuk saya dan anda.

Bahan:
I/4kg buncis (bersihkan tiap sisi lalu iris menyeronng)
Tempe 1 papan (potong kecil - kecil goreng hingga setengah matang )
Irisan cabai rawit (sesuai selera)
4 siung bawang merah ( iris )
1 siung bawang putih ( iris )
1 buah tomat (potong dadu)
2 lembar bawang daun (iris tipi)
Garam secukupnya
Gula merah secukupnya (iris)
Penyedap
Air putih 1/2 gelas

Cara membuat:
Tumis ( irisan bawang merah,bawang putih , tomat dan bawang daun)
Tumis hingga harum , kemudian tambahkan irisan buncis dan tambahkan air putih setengah gelas masak hingga harum
Lalu tambahkan gula merah
Jika buncis sudah terlihat berwana cantik lalu masukan tempe ( yang sudah di goreng setengah matang) jangan lupa masukan juga irisan cabai rawit
Masak hingga tumisan setengah matang lalu tambahkan penyedap
Terahir masukan garam
Aduk dan masak sebentar hingga garam dan penyedap menyatu dalam rasa yang nikmat

Nah tumisan bunci tempe nya udah jadi buntik
Selamat mencoba!

thumbnail

RESEP DAN CARA MUDAH MEMBUAT TUMIS IKAN PEDA ( PEDAS MANIS )


hai bunsay... hari ini saya akan membagikan resep yang paling populer di daerah dataran Sunda. Makanan ini jadi favorit bahkan primadona atau menu wajib yang selalu ada. Nah bagi anda penikmat ikan peda tentunya sudah tidak asing lagi soal rasa dan kenikmatan yang luar biasa. Ada banyak olahan ikan peda salah satunya adalah tumis peda sensasional yang rasanya gak diragukan lagi.
Nah yu kita coba bikin tumis peda untuk hidangan dikeluarga anda.

Bahan:
1/4 kg ikan peda
4 siung bawah merah
1 siung bawang putih
Cabai rawit ( sesuai selera)
Garam sedikit saja berhubung ikan peda juga udah asin
Penyedap
Gula merah (secukupnya)
I buah tomat

Cara membuat:
Goreng ikan peda hingga matang ( garing/kering lebih enak)

Iris (tomat,bawang merah dan putih,cabai rawit )
Tumis hingga harum,tambahkan garam,gula dan penyedap
Jika semua bahan yang ditumis sudah matang dan harum menggoda,matikan api
Kemudian simlan ikan goreng peda di atas piring lalu tuangkan bumbu ( tumisan )

Nah bunsay tumis ikan peda sensasionalnya sudah jadi,selamat mencoba!

thumbnail

RESEP DAN CARA MUDAH MEMBUAT BOLU KUKUS CHOCO BANANA

Kali ini saya mencoba membuat bolu kukus choco banana, buatnya simple bahannya juga sederhana.




Soal rasa jangan khawatir enak banget....

Resep:
LAPISAN PERTAMA
3 bks drink beng - beng
6 sdm gula pasir
6 sdm tepung terigu
3 butir telur
5 sdm minyak goreng
Vanili

LAPISAN KE 2:
4 buah pisang
2 butir telur
4 sdm gula pasir
4 sdm tepung terigu
4 sdm
Vanili

Cara membuat:
Buat adonan lapisan 1
Kocok telur dengan gula dan vanili
Kemudian masukan drink beng - beng
Masukan tepung terigu
Aduk hingga rata
Kemudian masukan minyak goreng, kukus selama 15 menit ( bagusnya sebelum dimasukan adonan,masukan potongan pisang pada loyang)

Lapisan 2
Kocok telur,gula dan vanili
Kemudian masukan pisang yang telah dihaluskan
Masukan tepung terigu aduk hingga rata
Terahir masukan minyak goreng dan aduk hingga rata

Kukus dan masukan pada lapisan pertama. Kukus hingga 15 menit

Jadi mengukus total ny 30 menit


thumbnail

TARI NUSANTARA ASIA - SENI BUDAYA KELAS IX

salah atu materi seni budaya kelas ix adalah seni tari nusantara asia. banyak sekali kesulitan yang dialami guru saat memberikan tugas seni tari asia.
kendalanya adalah karena murid yang merasa canggung dan enggan menari karena grogi.
ada yang bertanya bagaimana cara agar anak mau tampil dan menyuguhkan tarian asia ? caranya adalah:
beri motivasi pada anak
berikan sebuah pujian bagi anak yang trampil , kreatip dan mau tampil agar anak yang lain mau mengikuti
beri hadiah bonus nilai jika si anak mampu menunjukan tarian tersebut
jangan menyerah pada anak jika mereka tidak mau.

lalu ada salah satu peserta didik yang bertanya , untuk apa mempelajari tarian luar Indonesia? tujuannya adalah untuk mempelajrai ragam budaya salah satunya jenis tarian yang memiliki keuinikan tersendiri tiap negera yang menggambarkan keindahan negara tersebut.

menyuguhkan jenis tarian ini anda bisa memperlihatkan video tarian nusantara asia agar anak tertarik melihatnya, kemudian mau mencoba. 

lihat video jenis tarian berikut ini dan klik link nya:










Biarkan anak berkreasi dan berimajinasi, apapun yang mereka lakukan beri dukungan agar mereka percaya diri. menggunakan alat seadanya untuk menjadi sebuah properti yang bernilai merupakan nilai lebih bagi anak - anak

thumbnail

RESEP DAN CARA MUDAH MEMBUAT BROWNIS LUMER BENG-BENG

Brownis lumer beng2


Bunda kali ini saya ingin berbagi resep brownis kukus beng2
Cara buatnya juga gak perlu pake mixer. Sesimpel2nya tinggal campur dan aduk rata
tapi rasa hmmmm.... mantap
Bahan: 

Kental manis 1 sachet
Drink beng2 2 sachet
Gula putih/pasir secukupnya ( 3 sendok teh makan )
Tepung terigu sedikit ( 5 sendok makan )
2 butir telur
1/4 gelas minyak goreng
Vanili (seujung sendok)
Cara membuat:


Campur telur,gula,kental manis dan vanili kocok pake sendok. Kemudian masukan tepung terigu aduk rata. Kemudian ketika semua tercampur masukan drink beng2 aduk aduk hingga semua tercampur. Terakhir masukan minyak goreng dan campur rata lagi.
Terakhir tinggal kukus selama 20 menit.
Selamat mencoba

thumbnail

PRAKTEK IPA PEMANFAATAN BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL DI BIDANG PANGAN - CARA MEMBUAT TAPE SINGKONG

BIOTEKNOLOGI DI BIDANG PANGAN

Berbicara tentang tape,semua pasti tau. Rasanya yang enak dan bahkan jadi oleh _ oleh khas Bandung. Tapi pernahkah anda mencari tahu bagaimana cara pembuatanya?

Kali ini,kira akan belajar pemanfaatan bioteknologi dibidang pangan. Kenapa di bilang bioteknolkginkonvensional? Karena memang ini merypakan cara tradisional dalam pembuatan produk baru dengan menggunankan makhluk hidup.

Yu kali ini yang akan kita bahas adalah cara pembuatannya.

Pertama
Bahan:
1 kg singkong
Ragi secukupnya
Daun pisang

Cara membuat:
Kupas singkong(buang kulitnya), kemudian bersihkan demgan cara menggunakan sikat. Setelah bersih rebus singkong hingga matang, kemudian diamkan hingga singkong dingin. Setelah dingin taburkan ragi hingga rata.




Diamkan selama 3 hari.


thumbnail

PENYEBAB DAN FAKTOR TERJADINYA TINDAKAN KDRT


Hidup tak pernah sepi dari cerita,selalu saja ada hal baru yang selalu membuat kehidupan trus berputar dan berubah. Ada kalanya manusia itu sedih ada kalanya manusia itu bahagia. Tergantung bagaimana cara pandang kita dalam menyikapi setiap masalah yang sedang kita hadapi.
Tapi bagaimana jika kita mengalami hal tak yang kita harapkan namun kita tak dapat berbagi. Diam menjadi pilihan, dan menganganggap tak pernah terjadi. Tapi bagaiamana jika yang kita alami itu begitu pedih dan menyakitkan.

Dalam kehidupan berumah tangga,pertengkaran,salah faham dan b3da pendapat adalah hal yang biasa. Tapi bagaimana jika anda mengalami hal yang lebih buruk dari itu.
Barangkali anda mendapatkan perlakuan yang keras? 
Baik dalam ucapan dan tindakan?bukankah hal itu membuat anda menjadi down dan terpukul.
Kemana anda lari?sementara sekedar mengadu pada orang tua pun anda bingung
Di satu sisi anda mempertimbangkan bagaimana perasaan orang tua jika anda mengalamk hal yang buruk?

Ambil contoh anda mengalami KDRT. Apa yang anda rasakan?bagaimana anda menyikapinya?

Hal yang harus anda perhatikan adalah
1. Anda harus ambil tindakan tegas
2. Beri pelajaran berarti pada pasangan anda agar berpikir bahwa apa yang dilakukannya adalah salah
3. Ambil tindakan yang lain dari biasanya. Buatlah surat perjanjian yang ditulis oleh pasangan anda bahwa dia tidak akan melakukan tindakan kasar lagi yang ditulis tangan dan ditanda tangan di atas materai. Untuk bukti / dokumen penting jika hal buruk terjadi lagi anda bisa melaporkan pada pihak yang berwenang dan mudah dalam bercerai
4. Usahakan dalam penulisan perjanjian tersebut anda mendatangkan saksi untuk melihat proses penulisan tersebut.

Jika terjadi berkali- kali dan tidak di selamatkan lagi dalam hubungan rumah tangga lebih baik sudahi pernikahn yang sudab tidak sehat.
Namun jika ada perubahan dan ada hitam di atas putih maka anda berhak memberi pilihan atau kesempatan.

Semua tergantung pada anda.

Hal-hal penyebab terjadinya KDRT
1. Salah satu pasangan masih labil ( belum dewasa )
2. Masalah ekonomi
3. Perselingkuhan
4. Masalab dari anak

Semoga bermanfaat

thumbnail

SETIAP YANG BERNYAWA AKAN MERASAKAN MATI


Jika dalam istilah biologi bisa dikatakan seleksi alam diakibatkan bencana alam,wabah penyakit atau kecelakaan. Tapi sesungguhnya setiap makhluk memiliki waktu yang telah ditetapkan. Bukan masalah yang kuat mampu mengalahkan yang lemah..  namun ini tertulis dan sudah ditentukan bahwa kematian adalah hal yang pasti.. karena tak ada satupun makhluk yang seyogiyanya kuat,yang mampu bergantung sendiri. Semua pasti saling ketergantungan dan punya kelemahan masing-masing.
Jika dalam kehidupan kita sehari-hari kematian terjadi setiap detik disebagian wilayah.. maka sudah dipastikan kitapun akan mendapatkan giliran.
Setiap yang bernyawa pasti akan mengalami kematian.
Kadang kita lalay... berpikir bahwa kematian itu masih jauh dan bahkan kita lupa akan kematian.

Terkadang kita menyesal setelah orang yang terdekat kita meninggal. Saat mereka masih ada kita cuek gak kepalang,tak perduli bahkan kita berbuat tidak menyenangkan belum bisa memberikan yang terbaik dan membahagiakannya.
Namun kita akan menyesal setelah mereka pergi.
Bayangkan hanya dosa dan penyesalan kita mengutuk diri sendiri karena tak mampu memberi kebahagian kepada merek yang kita sayang.

Sesungguhnya setiap kejadian adalah untuk pembelajaran. Jangan sampai kita menyesal karena terlambat membuat sesuatu yang baik. 
Jika kita menyesal karena orang yang terdekat kita meninggal karena kita belum bisa memberikan yang terbaik. Apalagi jika kita yang meninggal,dan kita melakukan dalam keadaan yang tak baik.. alangkah menyesal nya kita ketika semua tertutup tiada lagi kesempatan. Tangisan yang tiada arti,penyesalan yang tak akan pernah merubah keadaan.

Berbuat baiklah,jangan pernah merasa bosan. Barangkali esok kita yang meninggal

.comment-content a {display: none;}